Hati-Hati, Ada Buah Anggur Mengandung Formalin Dijual di Ramayana Raden Intan - RILIS.ID

Hati-Hati, Ada Buah Anggur Mengandung Formalin Dijual di Ramayana Raden Intan
Segan Simanjuntak
Kamis, 2018/06/07 15.25
Hati-Hati, Ada Buah Anggur Mengandung Formalin Dijual di Ramayana Raden Intan
Tim koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Provinsi Lampung menunjukkan buah anggur hitam yang mengandung formalin di Ramayana Raden Intan, Bandarlampung, Kamis (7/6/2018).

RILIS.ID, Bandarlampung – Tim koordinasi Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Provinsi Lampung menemukan buah anggur hitam yang mengandung formalin di Ramayana Raden Intan, Bandarlampung, Kamis (7/6/2018).

Kepala Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Oktovia Hafid, mengatakan bahwa tim JKPD mendapatkan 11 packing buah anggur hitam yang mengandung formalin.

“Sebanyak 11 packing buah anggur hitam diketahui mengandung formalin setelah tim melakukan uji kandungan,” katanya mewakili Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Kusnardi, kepada Rilislampung.id, Kamis (7/6/2018).

Di sela-sela inspeksi mendadak itu, tim JKPD langsung meminta pihak Ramayana untuk menarik buah anggur hitam mengandung formalin dari display.

“Terhadap pengusaha sudah diberitahu dan sudah diminta untuk diturunkan dari display (Tidak dijual),” tegasnya.

JKPD yang beranggotakan Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan serta Satpol PP, juga melakukan sidak di Pasar Smep dan Pasar Bawah.

Di Pasar Smep, tim tidak menemukan produk yang mengandung formalin di beberapa agen buah. Uji kandungan formalin dilakukan pada buah anggur merah, kelengkeng, apel fuji dan jeruk jawa.

“Hasilnya negatif alias tidak ada kandungan formalin,” ujar Oktovia Hafid.

Tim juga menemukan penjualan beras di atas harga eceran tertinggi (HET). “Sementara belum ada kelas mutu beras, dan belum ada nomor register,” tandasnya. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)