Hilal Tak Terpantau di Itera, 1 Ramadan Tetap 6 Mei 2019 - RILIS.ID
Hilal Tak Terpantau di Itera, 1 Ramadan Tetap 6 Mei 2019

Minggu | 05/05/2019 20.50 WIB
Hilal Tak Terpantau di Itera, 1 Ramadan Tetap 6 Mei 2019
Proses pengamatan hilal penentuan 1 Ramadan di Itera, Minggu (5/5/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ El Shinta 

RILIS.ID, Bandarlampung – Observatorium Astronomi Itera Lampung (OAIL) memantau hilal di danau buatan Institut Teknologi Sumatera (Itera), Minggu (5/5/2019).

Namun sayang, bulan sabit pertanda awal puasa itu tidak terpantau lantaran mendung. Meski demikian, pemerintah telah mengumumkan 1 Ramadan jatuh pada Senin (6/5/2019).

Dosen Prodi Sains, Atmosfer, dan Keplanetan Itera, Nindhita Pratiwi, mengatakan pihaknya setiap tahun memantau hilal untuk menentukan 1 Ramadan. 

"Kita menyediakan lima teleskop kecil yang biasa digunakan untuk umum dan satu teleskop khusus untuk pengamatan dan penelitian," kata Nindhita.

Selain Itera, pihaknya bekerjasama dengan Kementerian Agama Provinsi Lampung juga mengamati hilal di Kalianda, Lampung Selatan. Namun hasilnya sama, hingga pukul 18.19 WIB, hilal tidak terlihat lantaran faktor cuaca. 

"Biasanya sudah bisa terlihat jam enam malam kurang. Kita menunggu mataharinya sedikit tenggelam. Ini banyak awan, jadi cuaca kurang mendukung, beda dengan dua hari sebelumnya, cerah banget," pungkasnya.

Laboran/Observer UPT OAIL, Aditya Abdilah Yusuf, membenarkan hilal tak terlihat karena cuaca buruk.

"Kami siapkan teleskop otomatis yang langsung mengikuti pergerakan bulan. Dan satu teleskop lagi yang terhubung dengan kamera. Kalau nggak mendung bisa terlihat hilalnya," singkatnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID