Himpalar Dukung Lampung Timur Jadi Ibu Kota RI - RILIS.ID
Himpalar Dukung Lampung Timur Jadi Ibu Kota RI
[email protected]
Kamis | 27/06/2019 22.23 WIB
Himpalar Dukung Lampung Timur Jadi Ibu Kota RI
Rahmat Sholeh (tengah). FOTO: IST

RILIS.ID, Bandarlampung – Ketua Umum Himpunan Pemuda Lampung Timur (Himpalar) Rahmat Sholeh mengapresiasi dan mendukung penuh masuknya Kabupaten Lampung Timur menjadi salah satu nominasi calon kuat ibu kota Republik Indonesia (RI).

Ia berharap agar seluruh masyarakat elemen Lampung Timur (Lamtim) dapat memberikan dukungan kepada pemerintah pusat agar menjadikan Lamtim sebagai pelabuhan terakhir dari pencarian selama ini untuk pemindahan ibu kota negara.

"Kita doakan agar pemerintah pusat memilih Lampung Timur untuk menjadi ibu kota Republik Indonesia, karena kriteria yang diminta Bappenas untuk prasyarat dasar sudah terpenuhi," ungkap Rahmat yang juga pemuda asal Kecamatan Melinting, Lampung Timur, Kamis (27/6/2019).

Ia juga meminta agar seluruh stakeholder masyarakat Lampung Timur untuk bersama-sama berdoa dan mendukung penuh langkah-langkah yang akan diambil pemerintah daerah dan pusat yang sedang membahas tentang segi kelayakan Lampung Timur jadi ibu kota negara dalam hal ini yang diwakilkan oleh 
 tim infrastruktur kemaritiman Provinsi Lampung.

"Kita berdoa dan mendukung penuh segala upaya yang dilakukan oleh tim daerah dan pusat yang sekarang sedang fokus membahas tentang segi kelayakan, semoga Lampung Timur terpilih karena memang layak jadi ibu kota negara," ujarnya.

Dalam dialog nasional tentang pemindahan ibu kota negara yang diselenggarakan Badan Badan Perencanaan Nasional (Bappenas) di Jakarta, Rabu (26/6/2019), dipaparkan beberapa kriteria lokasi ibu kota.

Di antaranya, aman dari cincin api, memiliki akses ke pelabuhan, ketersediaan sumber daya air, pembiayaan infrastruktur rendah, dominasi kepemilikan lahan oleh pemerintah.

Kriteria lainnya adalah dekat dengan ibu kota yang sudah berkembang, budaya terbuka terhadap pendatang, memiliki paramater pertahanan dan keamanan. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID