RILIS.ID Situs Berita Politik Indonesia Menyajikan Berita Politik Terkini dan Terbaru Seputar Peristiwa Politik Nasional, Dunia, Daerah, Elektoral, Inspirasi, Bisnis, Muda, Trend dan Ragam

BERITA PILIHAN



KRAKATAU

Minggu, 15/07/2018 23.15
Enam Jam, Gunung Anak Krakatau Meletus 81 Kali
Krakatau
Minggu, 15/07/2018 14.28
Krakatau Meletus 398 Kali, Lava Pijar Mengalir ke Luar
Krakatau

BISNIS

Minggu, 15/07/2018 14.38
Asyiknya Ngopi dengan Suasana Tropikal d

Kopi kini tak lagi menjadi minuman untuk para orang tua. Belakangan, malah menjadi gaya hidup hampir seluruh lapisan masyarakat, termasuk kawula muda.

Gaya hidup nongkrong sambil ngopi memang sudah menjamur. Berbagai tempat kuliner muncul dengan menyuguhkan aneka seduhan kopi yang sudah dimodifikasi.

Hampir setiap hari kedai kopi penuh. Menyeruput kopi di tempat-tempat nyaman dan tidak terlalu ramai, tapi tetap berada di pusat kota selalu ramai. 

Kafe Kiyo di Jalan Cut Nyak Dien No. 44, Palapa, Tanjungkarang Pusat adalah salah satunya. Bisa dibilang ini tempat ajaib.

Siapa sangka di balik toko distro dan barber shop, tersembunyi tempat nongkrong yang bikin betah berlama-lama sambil menikmati kelezatan kopi. 

Mengusung tema Tropical Japannese dengan nuansa ala pantai, pengunjung bisa menikmati suguhan aneka kuliner tradisional kreasi, kudapan, dan minuman kekinian.

Suasana nongkrong makin asyik dilengkapi jajaran kursi rotan atau kayu, meja berunsur fosil kayu, dan beratapkan langit (outdor).

Untuk mempertegas tema Tropical Japanase, mural ombak besar menggulung menghiasi dinding. Bagian dapur produksi kulinernya menggunakan unsur kayu, dikaloborasikan batangan bambu bulat, berikut susunan alang-alang (rumbia) sebagai atapnya. Meski begitu, tempat ini tetap dilengkapi fasilitas modern seperti audio musik dan wifi. 

Marketing Kafe Kiyo, Rajib Abi Bakri, mengungkapkan secara keseluruhan kafenya mengangkat konsep natural dengan nuansa pantai yang kental. Di mana, tempat nongkrong dikonsep senyaman mungkin. 

”Soal makanan, sejauh ini kami mengkreasikan sejumlah kuliner populer tradisional ke permukaan. Sebut saja di antaranya sate taichan, ayam telor asin, ayam geprek, camilan singkong, all varian rice bowl, camilan singkong, bakwan jagung, dan sebagainya. Minumannya, lebih mengangkat kopi,” kata Rajib, Sabtu (14/7/2018). 

Khusus kopi, kata Rajib, kafenya sengaja mengkreasikan produk biji kopi nusantara. Khususnya produk lokal. Kopi asal Lampung Barat menjadi salah satu produk utama dalam pengolahan minuman istimewanya ini.

”Secara teknis, untuk menu kopi secara umum kami membaginya menjadi dua, yakni olahan hot dan ice. Termasuk roasting-nya, ada yang dikonsep modern dan tradisional. Terlepas dari itu, kami menggunakan bahan baku kopi berkualitas Lampung kelas satu,” ungkap Rajib.

Selain sajian kopi panas (hot), Kafe Kiyo mengemas aneka olahan kopi dingin (ice) yang cukup digandrungi pelanggannya. Di antara jenisnya, Ice Coffee Milk Kiyo menempati rangking pertama dari jenis menu minuman kopinya.

”Minuman ini adalah penggabungan dua unsur bahan baku berupa fresh milk, bongkahan es, dan olahan double shoot esspreso di bagian permukaannya. Tastenya, identik kental, manis, pahit khas kopi, dan beraroma segar esspreso,” katanya.

Bagi yang tidak ingin campuran fresh milk, pengunjung bisa memesan ice coffee original berupa campuran olahan double shoot esspreso dengan bongkahan es batunya. Cukup merogoh kocek Rp10 ribu, segelas kopi dingin siap tersaji di meja.

”Jika tidak suka kopi, kami juga punya minuman spesial Orange Squash. Minuman dingin bertaste manis dan segar ini, adalah perpaduan sirup orange squash berikut soda sebagai campurannya. Harganya hanya Rp15 ribu per gelas,” katanya.

Untuk makanan, Rice Bowl Tada menjadi salah satu menu idola di Kafe Kiyo. Menu makanan lengkap yang dikonsep dengan packaging ala street food ini, paling laris karena tampilannya yang simpel untuk dimakan di tempat atau dipesan untuk di konsumsi di rumah. Harga per paket menu makanan berat ini, hanya dibanderol Rp25 ribuan.

Rajib menjelaskan, rice bowl tada secara fisik adalah menu makanan berunsur nasi, ayam telur asin, ayam telur mayonaise, telur, dan sambal mentah yang dibungkus dalam sebuah mangkuk khusus. Menu berporsi besar ini, identik dengan kenyang, bercita rasa gurih, pedas, beraroma bumbu yang segar dan menggoda selera.

”Dalam menu rice bowl tada, kami menawarkan beberapa varian pilihan. Di antaranya, rice bowl chicken butter (nasi, daging ayam, sambal, telur, dan sayuran), crispy chicken (nasi, ayam, sambal, telur, sayuran, original matah/ bawang, salted egg yolk, truffle mayo), dan rice bowl beef (nasi, daging, sapi, sambal, telur, sayur, dan lainnya),” terangnya. (*)

No Tanggal Acara
1 Selasa, 19 Desember 2017 IRUP pada Upacara Bela Negara Ke-69 Tahun 2017
2 Selasa, 19 Desember 2017 Membuka acara Refleksi Tahunan Unit Pemberantasan Pungli (UPPL) Provinsi DKI Jakarta
3 Selasa, 19 Desember 2017 Meresmikan Masjid Nurul Jihad dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW
4 Selasa, 19 Desember 2017 Memberikan sambutan pada acara "Tulus Live at CNR Garden"
Lihat selengkapnya....