IKM Bandarlampung Bisa Unjuk Gigi di Meksiko - RILIS.ID
IKM Bandarlampung Bisa Unjuk Gigi di Meksiko

Kamis | 14/11/2019 20.18 WIB
IKM Bandarlampung Bisa Unjuk Gigi di Meksiko
Ketua Dekranasda Kota Bandarlampung, Eva Dwiana Herman HN, Foto: rilislampung.id/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Bandarlampung memperoleh kesempatan untuk memperkenalkan produknya ke Meksiko pada 2020 mendatang. Hal ini menjadi peluang bagi IKM untuk menjajaki pasar internasional.

Ketua Dekranasda Kota Bandarlampung, Eva Dwiana Herman HN, mengatakan Bandarlampung telah memiliki kerjasama dengan Kedutaan Negara Meksiko. Kerjasama tersebut, menjadi jembatan bagi pengrajin usaha kecil untuk go international.

"Alhamdulillah kita ada informasi yang baik bahwa kita diundang oleh Kedutaan Meksiko untuk pagelaran dan membawa industri IKM kita ke sana," ujar Bunda Eva, sapaan akrab Eva Dwiana usai acara Pengukuhan Pengurus Sentra IKM Kota Bandar Lampung di Gedung PKK, Kamis (14/11/2019).

Menurut Eva, kehadiran pelaku IKM Kota Bandar Lampung ke Meksico nanti menjadi berkesempatan untuk memamerkan sekaligus memasarkan produk hasil pengrajin Kota Tapis Berseri.

"Mudah-mudahan dengan dukungan Pemerintah Kota Bandarlampung, Bunda bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan akan diskusi kembali untuk dapat membawa dan menyosialisasi hasil industri kita ke sana," ungkapnya.

Ia memperkirakan, bahwa pemenuhan undangan dari Kedutaan Meksiko itu akan dilaksanakan pada pertengahan 2020 mendatang dan melibatkan kurang lebih 40 orang untuk dapat memaparkan produk unggulan, baik makanan dan fashion.
"Mudah-mudahan kerja sama dengan Kedutaan Meksiko ini dapat memperluas jaringan kerja sama kita untuk internasional," imbuhnya.

Undangan tersebut didapat, sebab sebelumnya Dekranasda Kota Bandarlampung  pernah mengirimkan beberapa item hasil industri unggulan sebagai bahan penilaian, sehingga Kedutaan Meksiko berminat mengundang secara langsung.

"Waktu itu yang sudah kita kirimkan ada kopi, tapis dan batik Lampung, sulam usus. Respon mereka kepada kita sangat luar biasa, dan pribadi Bunda ingin mempromosikan sulam usus, olahan kripik pisang juga mereka sangat suka," jelasnya.

Mesempatan itu, diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pengrajin dan pengusaha IKM agar terus memiliki semangat berdaya saing di kancah internasional dan terus mengembangkan usahanya.

"Dalam pagelaran di Meksiko ke depan, IKM akan membawa berbagai macam hasil industri unggulan dari bidang usaha yang ada di Kota Bandarlampung dari 8 sentra IKM kita," pungkasnya.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID