Ini Bahayanya Hamil di Bawah Usia 19 Tahun - RILIS.ID

Ini Bahayanya Hamil di Bawah Usia 19 Tahun
[email protected]
Minggu, 2018/09/23 18.31
Ini Bahayanya Hamil di Bawah Usia 19 Tahun
Diskusi tentang kesehatan seksual remaja. FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Lembaga Advokasi Perempuan Damar dan Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Lampung, menggelar diskusi tentang kesehatan seksual remaja.

Direktur Eksekutif Lembaga Advokasi Damar Lampung, Sely Fitriani mengatakan diskusi ini memberikan penyadaran bagi remaja tentang pentingnya bahaya hubungan seksual pada usia di bawah 19 tahun.

Menurutnya, usia tersebut sangat rentan menimbulkan kematian saat hamil atau melahirkan kepada remaja.

“Untuk itu, kami mengundang remaja perwakilan dari 6 kabupaten/kota yakni kota Bandarlampung, kabupaten Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Utara, dan Tanggamus," ujarnya saat menggelar diskusi di Camp 91 Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling, Bandarampung, Minggu (23/9/2018).

Sely berharap kepada perwakilan remaja nantinya menjadi penggerak di wilayahnya, bahwa kesehatan seksual merupakan hak dan wajib bertanggung jawab menjaganya.

“Mereka adalah aset generasi penerus bangsa Indonesia, kalau tidak dijaga kapan lagi,” ujarnya.

Menurutnya, remaja bisa melakukan kegiatan positif di wilayahnya seperti karang taruna, outbound dan melakukan diskusi tentang kegiatan positif lainnya

Ketua PKBI Lampung, Rahmad Cahya Aji mengatakan, banyak kasus remaja putri yang hamil di luar nikah dengan usia di bawah 19 tahun dan ini sangat berbahaya bagi kesehatannya.

“Sering ketika mereka melahirkan tidak banyak yang selamat dan berakibat kematian. Hal itu lantaran remaja yang hamil di bawah usia 19 tahun belum siap, sebabnya rahim masih lemah belum siap menerima adanya janin, justru akan menimbulkan kanker serviks, ini harus diwaspadai,” ujarnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)