Investor Taiwan Bakal Bangun Pabrik Gula di Lampung - RILIS.ID
Investor Taiwan Bakal Bangun Pabrik Gula di Lampung
[email protected]
Kamis | 10/01/2019 14.58 WIB
Investor Taiwan Bakal Bangun Pabrik Gula di Lampung
Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung Taufik Hidayat. FOTO: DOK RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Investor Taiwan berencana membangun pabrik gula di Lampung. Mereka dijadwalkan melakukan survei pada Selasa (15/1/2019).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung Taufik Hidayat mengatakan bahwa pihaknya akan memfasilitasi kehadiran investor Taiwan untuk membangun industri gula di Sai Bumi Ruwa Jurai.

“Kami melakukan persiapan kedatangan investor Taiwan yang akan melakukan survei di Lampung. Diharapkan mereka nantinya bisa berinvestasi di sektor perkebunan tebu dalam membangun industri gula," katanya, Kamis (10/1/2019).

Adalah Council of Agriculture Executive Yuan Taiwan atau Badan Pemerintah Republik Tiongkok yang melakukan pengawasan salah satunya bidang pertanian.

Tim ini akan didampingi dua orang dari perwakilan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian. Kementan mempercayakan Lampung karena provinsi ini dinilai sebagai penghasil komoditas tebu terbesar nomor dua di Indonesia.

Produksi tebu Indonesia mencapai 768 ribu ton per tahun. Sementara Lampung berkontribusi sebesar 29,81 persen terhadap produksi tebu nasional.

“Kita diskusikan untuk bahan-bahan apa saja yang perlu dipersiapkan dan tentang area wilayah mana yang cocok untuk ditawarkan kepada investor," ujar Taufik.

Menurut dia, Kabupaten Waykanan menjadi salah satu alternatif untuk lahan investasi. Pertimbangannya, Waykanan akan dibangun pelabuhan darat atau Dry Port.

“Di mana hasil-hasil industri yang ada di wilayah Waykanan dan sekitarnya akan diangkut menggunakan kereta api langsung menuju Pelabuhan Panjang,” tambahnya.

Taufik mengaku akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Waykanan terkait rencana tersebut.

"Nanti akan dikoordinasikan lebih lanjut kepada Pemerintah Kabupaten Waykanan," pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID