Jamaah Umrah dari Lampung Bisa Langsung ke Mekkah - RILIS.ID
Jamaah Umrah dari Lampung Bisa Langsung ke Mekkah
Bayumi Adinata
Sabtu | 05/10/2019 19.53 WIB
Jamaah Umrah dari Lampung Bisa Langsung ke Mekkah
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Kabar baik bagi masyarakat Province Lampung. Bandara Internasional Radin Inten II Natar, Lampung Selatan telah siap melakukan penerbangan bagi jamaah umrah dari Lampung menuju Mekkah.

Hal ini disampaikan Kepala Unit Pelayanan Bandara Udara (UPBU) Radin Inten II, Asep Kosasih Samapta kepada rilislampung.id, Sabtu (5/10/2019).

Menurut Asep, persiapan seluruh fasilitas dan kelayakan Bandara dinilai telah siap melayani penerbangan umrah.

"Kalau umrah kita sudah bisa terbang ke tanah suci tahun ini, kapanpun juga kita sudah siap. Hanya saja masih menggunakan pesawat kecil," jelasnya.

Lanjut dia, pesawat kecil tersebut yang kita gunakan yakni pesawat A320 atau 737 series. Semua persiapan fasilitas dan kelayakan telah dipersiapkan dengan matang. 

"Jadi kami siap mengangkut penumpang jamaah umroh tahun ini ke tanah suci Mekkah, " ucapnya

Kemudian, terkait dengan harapan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang menginginkan  embarkasi haji langsung dari Lampung menuju Arab Saudi juga akan terlaksana di tahun 2020 mendatang.

"Embarkasih haji langsung itu membutuhkan pesawat yang besar seperti A330 dengan minimum penumpang 350 orang. Dan Bandara Radin Inten sudah siap," terangnya.

Terlebih, Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. 166 Tahun 2019 tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional pada 26 Agustus 2019. 

Embarkasi langsung Lampung-Arab Saudi akan menekan biaya perjalanan umrah menjadi lebih murah.

Dari catatan Unit Penerbangan Bandar Udara (UPBU) Radin Inten II Lampung, setiap tahun setidaknya 16 ribu jemaah umrah berangkat dari Lampung.

Dengan adanya penerbangan langsung umrah dan haji, akan meyakinkan internasional bahwa Lampung mampu menangani penerbangan internasional. 

"Untuk menangani penerbangan internasional kita sudah ready, pertengahan tahun lalu juga kita sudah pernah terbang ke Kuala Lumpur," tutur dia. 

Sementara itu, Sekprov Lampung Fahrizal Darminto menyambut baik kesiapan bandara Radin Inten II memberangkatkan jamaah umroh dari Lampung ke tanah suci Mekkah.

"Iya artinya kalau bandara Radin Inten II saja sudah siap, Pemprov Lampung juga sangat siap mendukung hal itu," tutur dia. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID