Jamin Harga Terbaik, Parosil Janji Benahi Tata Niaga Kopi - RILIS.ID
Jamin Harga Terbaik, Parosil Janji Benahi Tata Niaga Kopi
[email protected]
Minggu | 22/07/2018 18.43 WIB
Jamin Harga Terbaik, Parosil Janji Benahi Tata Niaga Kopi
Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meresmikan Kampung Kopi di Pekon Rigisjaya, Airhitam, Lambar, Minggu (22/7/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Anton

RILIS.ID, Lampung Barat – Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus optimistis produksi dan mutu kopi di kabupaten tersebut bisa bangkit di masa mendatang.

“Pesan Ketua MPR RI, kampung kopi harus konsisten jadi kampung kopi, dalam hal ini tugas Pemkab Lambar adalah sebagai pendorong,” katanya saat peresmian Kampung Kopi di Pekon Rigisjaya, Airhitam, Lambar, Minggu (22/7/2018).

“Semua kita kembalikan ke masyarakatnya, Rigisjaya bukan jadi patokan untuk perkebunan kopi Lambar, karena ada 54 ribu hektar lebih kebun kopi yang ada di Lambar milik petani. Itu belum kebun kopi yang ada di hutan kawasan,” sambung Parosil.

Mengenai harga kopi, Parosil berjanji akan mencari solusi terbaik dengan melakukan komunikasi terhadap berbagai pihak untuk menjamin harga kopi. (Baca juga: Resmikan Kampung Kopi, Zulhas Berharap Lambar Jadi Ikon Penghasil Kopi Terbaik)

“Nanti kita akan cari tata niaga yang harus kita perbaiki dan akan kita lakukan komunikasi-komunikasi untuk menjamin harga kopi yang berpihak pada petani," pungkasnya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Lampung, Dessy Desmaniar Romas, mengatakan Festival Kopi tidak hanya sebatas seremonial saja. Ia berharap ke depan produktivitas kopi akan meningkat diiringi mutu kopi yang lebih baik.

“Arah kita sudah fine robusta, selain itu kita berharap bisa ekspor kopi langsung dari petani sehingga kita juga akan mendidik petani untuk menjadi eksportir kopi," ujarnya.

Pihaknya telah memberikan berbagai bantuan kepada petani kopi Lambar, mulai peremajaan tanaman kopi tua, bantuan pupuk, bantuan alat pengolahan hasil seperti alat pengering kopi, bantuan obat-obatan untuk pengendalian hama penyakit.

“Khusus untuk bantuan gedung pengolahan hasil rencanannya akan kita bangun di sini (Rigisjaya). Selain Lambar, Tanggamus juga akan kita berikan bantuan gedung pengolahan hasil. Kita juga sudah mulai berikan bantuan tanaman kopi sesuai dengan kebutuhan dan lokasinya," pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID