Jangan Lupa! Saksikan Festival Sungai Mesuji 24-25 November - RILIS.ID
Jangan Lupa! Saksikan Festival Sungai Mesuji 24-25 November
Bayumi Adinata
Sabtu | 13/10/2018 16.05 WIB
Jangan Lupa! Saksikan Festival Sungai Mesuji 24-25 November
Lomba Perahu Hias. FOTO: Istimewa

RILIS.ID, Bandarlampung – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mesuji yang ke-10, Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata akan mengadakan event pariwisata festival sungai mesuji.

Kegiatan ini adalah salah satu bentuk pelestarian adat dan budaya masyarakat Mesuji sekaligus sebagai ajang promosi pariwisata daerah.

“Dalam kegiatan ini ada empat perlombaan yang akan diselenggarakan yaitu lomba perahu dayung, lomba perahu hias, lomba kuliner khas mesuji dan lomba tari kreasi  yang akan di ikuti oleh masyarakat mesuji ataupun masyarakat di luar Kabupaten Mesuji," kata Kabid Pariwisata Rudy Septiawan. 

Selain itu, Rudi mengatakan lomba-lomba tersebut ada beberapa rangkaian acara lain yang akan ditampilkan oleh sanggar-sanggar seni dan budaya yang ada di Kabupaten Mesuji.

“Pada rangkaian kegiatan festival ini pemerintah kabupaten Mesuji telah membangun infrastruktur pendukung, seperti pembukan jalan, pelebaran jalan, dan peningkatan kualitas jalan, serta  jalur transportasi alternatif menuju lokasi kegiatan, penyediaan perahu speed boat, penyedian infrastruktur dermaga, pembuatan panggung apung yang akan di gunakan peserta tari, dan kawasan Rest Area dengan memberdayakan rumah masyarakat sebagai rumah singgah, penyediaan outlet kuliner dan penyedian alat transportasi umum," paparnya.

Plt. Kepala Disporapar Mesuji Enggar Cahyadi menambahkan, peningkatan event kepariwisataan diharapkan mampu mendorong pertumbuhan disektor ekonomi dan menciptakan peluang kerja serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Selain itu juga dapat menjaga dan  melestarikan kebudayaan yang ada. Kemunculan event-event kepariwisataan saat ini memberikan konsep baru terhadap dunia pariwisata didaerah.  Dalam kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Mesuji mengajak seluruh elemen masyarakat di seluruh tanah air untuk dapat berpartisipasi dalam acara tersebut, " ujarnya

Rencana pelaksanaan kegiatan festival sungai Mesuji akan dilaksanakan pada tanggal 24-25 November 2018.  Kegiatan ini telah termuat dalam kalender event pariwisata di Provinsi Lampung.

“Dalam pelaksanaannya Pemerintah Kabupaten Mesuji mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata Provinsi Lampung,  pihak swasta dan BUMN/BUMD, " tutur dia.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID