Jelang Pensiun, Iptu Anis Makin Cemerlang - RILIS.ID
Jelang Pensiun, Iptu Anis Makin Cemerlang
Bayumi Adinata
Rabu, 2018/04/11 23.52
Jelang Pensiun, Iptu Anis Makin Cemerlang
Kapolda Lampung Irjen Suntana memeluk anggotanya Iptu Muhammad Anis usai memberikan penghargaan, Rabu (11/4/2018). FOTO: HUMAS POLDA LAMPUNG

Dedikasi, loyalitas dan tanggung jawab wajib dimiliki oleh anggota Polri. Namun, tidak semua polisi mampu melaksanakan tugas sebagai pengayom dan pelindung masyarakat dengan maksimal dan tak berbatas waktu.

Seperti dilakukan Iptu Muhammad Anis atau akrab disapa Anis. Polisi berambut putih itu memang terkenal rajin dan tanggap saat melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Unit Pengaturan Penjagaan Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Satlantas Polresta Bandarlampung.

Meski tak muda lagi, polisi berusia 56 tahun itu seolah tidak mengenal lelah dan waktu saat mengurai kemacetan di Kota Tapis Berseri ini. Ia melaksanakan tugasnya sedari pagi hingga malam hari.

Tidak hanya mengatur arus lalu lintas, pria kelahiran Medan 19 September 1962 itu juga selalu hadir ketika terjadi bencana banjir maupun longsor yang terjadi di beberapa wilayah di Bandarlampung.

Pengabdiannya untuk institusi Polri dan khususnya masyarakat berbuah manis. Kapolda Lampung Irjen Suntana mengapresiasi kinerjanya dengan sebuah penghargaan, Rabu (11/4/2018).

Penghargaan tersebut bukan kali pertama diperoleh Anis. Pria berdarah Betawi ini pernah diganjar reward setelah berhasil menangkap komplotan perampok beberapa tahun silam.

Pencapaian itu adalah pengalaman paling berkesan selama menjadi Polantas. “Saat itu, saya ikut mengejar perampok, dan perampoknya saya tembak. Di situ juga saya meraih penghargaan dari Kapolda Lampung dan Kapolresta Bandarlampung, tapi saya sudah lupa tahun berapa itu,” kata Anis kepada rilislampung.id, Rabu (11/4/2018).

Anis menjalani kehidupannya sebagai seorang polisi dengan kesederhanaan. Awal-awal jadi anggota Polri, ia sempat mengontrak rumah ketika bergabung dengan Sabhara tahun 1986.

Empat tahun berselang, Anis resmi melepas masa lajangnya dan tinggal di Asrama Polresta Bandarlampung. “Alhamdulilah saya bisa membangun rumah. Iya cukup lama juga, karena waktu itu saya belum kepikiran untuk membuat rumah, masih senang tinggal di asrama karena dekat dari kantor,” ujarnya.

Anis pun mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Irjen Suntana yang telah memberikannya sebuah penghargaan. Ia mengajak rekan-rekan di kepolisian untuk bekerja sungguh-sungguh sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

“Marilah kita bekerja bersungguh-sungguh tanpa pamrih melayani masyarakat sebaik-baiknya. Kalau kerja dengan ikhlas, pastinya kita akan selalu mendapat karunia dari Allah SWT,” pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)