Jemput Bola ala Disdukcapil, Datangi Lansia Urus Akte Kependudukan - RILIS.ID
Jemput Bola ala Disdukcapil, Datangi Lansia Urus Akte Kependudukan
Isti Febri Wantika
Senin | 27/01/2020 20.20 WIB
Jemput Bola ala Disdukcapil, Datangi Lansia Urus Akte Kependudukan
Kepala Disdukcapil Lampung Utara, Maspardan. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Isti Febri Wantika

RILIS.ID, Lampumg Utara – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Utara, mengedepankan program jemput bola untuk membantu warga dalam memperoleh akte kependudukan. Sasaran utamanya ialah mereka yang telah berusia lanjut.

Kepala Disdukcapil, Maspardan menjelaskan, program jemput bola ini nantinya pihak Disdukcapil akan mengunjungi masyarakat di desa-desa.

Kemudian, dengan menggunakan fasilitas yang ada warga akan langsung mendapat pelayanan akte kependudukan seperti, pembuatan KTP, KK, akte kelahiran dan lainnya.

"Kita akan melayani ganti status, pembuatan KTP baru bagi usia 17 tahun, utamanya juga untuk mereka yang sudah tua (jompo), kalau mereka mau datang ke sini tentu akan kerepotan, maka itu kita adakan jemput bola ini," jelas, Maspardan, di kantornya, Senin (27/01/2020).

Masih kata dia, yang nanya administrasi kependudukan itu penting mulai dari lahir hingga seseorang itu meninggal dunia, semua memerlukan adanya akte kependudukan.

"Kepada pihak desa diminta untuk didata jika ada warganya yang belum memiliki akte kependudukan, dan segera disampaikan ke kami," kata dia.

Guna tertib administrasi nantinya juga Pemkab Lampung Utara akan menerbitkan akte kematian, untuk itu kepada para kepala desa diminta segera melaporkan bila ada warganya yang meninggal dunia.

"Kita akan terbitkan akte kematiannya, dan ini program Pemerintah Lampung Utara," ucap dia.

Untuk meningkatkan kinerja pelayanan, tahun ini telah direncanakan akan ada peremajaan di Disdukcapil, yaitu dengan meningkatkan alat yang dimiliki. Semua untuk mempercepat kinerja pelayanan.

"Dengan adanya peremajaan ini bisa lebih cepat pelayanan. Karena kalau di Capil ini seluruh masyarakat hadir mulai dari anak anak sampai dewasa, lahir hingga meninggal pokoknya ke sini semua," pungkasnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID