Kadis TPH Imbau Petani Siasati Penanaman Hadapi Kemarau - RILIS.ID
Kadis TPH Imbau Petani Siasati Penanaman Hadapi Kemarau

Minggu | 16/06/2019 17.51 WIB
Kadis TPH Imbau Petani Siasati Penanaman Hadapi Kemarau
ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Lampung, Achmad Chrisna Putra mengimbau petani untuk menyiasati penanaman guna menghadapi musim kemarau.

"Musim tanam sudah ada jadwal, seperti jalur irigasi, tapi terkadang pada petani yang tidak ada air, jadi gadu nekat yang mengandalkan hujan, dan ini tidak menjamin keberhasilan panen," kata dia kepada rilislampung.id , Minggu (16/6/2019).

Meski demikian, lanjut dia petani hendaknya tetap menanam padi. Petugas lapangan juga diminta agar melakukan sosialisasi, sehingga petani bisa juga punya pilihan menanam tanaman yang tidak membutuhkan banyak air, seperti palawija. 

"Sering gagal, tapi ya saya gak tau pikiran petani yang yakin ada hujan tapi terkadang prediksinya salah, maka kita imbau agar tidak menanam tanaman yang butuh banyak air," imbuhnya. 

Selain itu, sistem penanaman gogo rancah efektif dilakukan, namun saat ini hanya di beberapa titik.

"Kedepan sistem itu akan dikembangkan di daerah lainnya sehingga bisa meningkatkan periode tanam dan peningkatan produksi gabah, " ungkapnya.

Sementara, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung mengatakan bahwa saat ini wilayah Provinsi Lampung memasuki peralihan musim dari penghujan ke kemarau. 

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudi Harianto mengatakan, Provinsi Lampung akan mulai memasuki musim kemarau pada awal Juni 2019.

“Kami juga mengimbau agar warga bisa beralih ke tanaman lain untuk bisa ditanam dalam mewaspadai potensi kekeringan sawah bagi petani," tutur dia.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID