Kadisdukcapil Lamteng Dicopot, Pembuatan KTP Dihentikan - RILIS.ID
Kadisdukcapil Lamteng Dicopot, Pembuatan KTP Dihentikan
Subrata
Kamis | 01/08/2019 11.02 WIB
Kadisdukcapil Lamteng Dicopot, Pembuatan KTP Dihentikan
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Lampung Tengah – Pelayanan dokumen kependudukan di wilayah Lampung Tengah (Lamteng) dihentikan sementara. Salah satu sebabnya adalah posisi kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) belum definitif.

Diketahui, Kadisdukcapil Lamteng Sugandi dicopot jadi jabatannya. Posisinya digantikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Lamteng Genta Surimuda sebagai Pelaksana tugas (Plt.) Kadisdukcapil.

Pencopotan Sugandi dilakukan setelah rapat koordinasi pada Senin (29/7/2019). Belum diketahui apa sebab Sugandi diganti.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarti mengatakan, pemberhentian suatu jabatan di instansi adalah hal yang biasa dilakukan sebagai penyegaran.

“Biasa itu, penyegaran, dia juga sudah lama sekali sekitar tujuh tahun menjabat (Kadisdukcapil)," katanya, Rabu (31/7/2019).

Loekman enggan membeberkan penyebab Sugandi diberhentikan dari jabatannya. Termasuk saat ditanya terkait isu praktik jual beli blanko e-KTP.

“Ya, mungkin itu jadi pertimbangan karena beliau sudah terlalu lama di situ. Mungkin ada kejenuhan-kejenuhan. Untuk peningkatan kinerja makanya perlu dilakukan suatu pergesaran-pergesaran," ujarnya.

Pasca dicopotnya Sugandi, pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-El) terhenti sementara waktu.

Hal ini menunggu instruksi Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

“Ya, sementara off. Kita tunggu instruksi Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kemendagri. Ini karena baracode di blanko masih atas nama Sugandi. Plt. Kadisdukcapil Genta Surimuda belum bisa tanda tangan secara administrasi," kata Sekretaris Disdukcapil Lamteng Suhaini.

Meski demikian, kata Suhaini, pelayanan masyarakat lainnya masih bisa dilayani.

“Kalau pelayanan lainnya masih bisa dilayani. Secepat mungkin pelayanan kepada masyarakat akan normal," ungkapnya.

Hal senada diungkapkan salah seorang staf di Disdukcapil Lamteng.

“Ya, sementara off. Masih ada gangguan server. Blanko pembuatan KTP-El juga habis," katanya yang menolak identitasnya disebutkan.

Terpisah, Plt. Kadisdukcapil Lamteng Genta Surimuda menyatakan siap mengikuti perintah pimpinan.

"Iya. Kita ikuti perintah pimpinan," ucapnya.

Sementara Sugandi belum berhasil dikonfirmasi terkait pencopotan dirinya. Saat dihubungi melalui telepon genggamnya, ia menolak telepon wartawan media ini. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID