KBM Siswa Terancam, Proyek Puluhan Miliar Disdik Belum Beres - RILIS.ID

KBM Siswa Terancam, Proyek Puluhan Miliar Disdik Belum Beres
El Shinta
Senin | 07/01/2019 20.33 WIB
KBM Siswa Terancam, Proyek Puluhan Miliar Disdik Belum Beres
Ruangan kosong tanpa mebel di SDN 1 Palapa. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ El Shinta 

RILIS.ID, Bandarlampung – Pascalibur panjang akhir tahun, para siswa di sejumlah sekolah di Kota Bandarlampung terancam mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan berdiri atau duduk lesehan di lantai.

Apa sebab? Proyek pengadaan mebel Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandarlampung 2018 senilai puluhan miliar rupiah belum beres.

Berdasar pantauan rilislampung.id di lapangan, proyek pengadaan mebel berupa meja dan kursi siswa itu belum ada di beberapa sekolah. Di antaranya SMPN 32, SMPN 37, SMPN 35 dan SDN 1 Palapa Tanjungkarang Pusat. 

"Baru sebagian (mebel) yang datang. Kekurangannya belum tahu kapan lagi," ujar sumber di SMPN 32 Bandarlampung yang enggan namanya disebut, Senin (7/1/2018).

Hal serupa terjadi di SMPN 37. Menurut seorang guru di sekolah yang beralamat di Kecamatan Panjang itu, dari 12 RKB yang baru selesai dibangun, belum satu pun terisi mebel. 

"Nggak tahu kapan datangnya, padahal anak sekolah sudah mulai masuk Senin," ujar guru yang meminta identitasnya tidak disebut itu. 

Dia menjelaskan, satu ruang kelas baru (RKB) biasanya diisi 33 set mebel berupa bangku dan kursi siswa. Artinya ada sekitar 396 set mebel yang belum terpenuhi.

Sayang Kepala Disdik Bandarlampung, Daniel Marsudi, tidak ada di kantornya. Sedangkan, Sekretaris Disdik, Eka Afriana, mengaku tidak tahu menahu mengenai proyek fisik maupun pengadaan di instansinya. 

"Kalau proyek itu semua yang nangani Pak Bagio (Kabid Gedung dan Perlengkapan). Silahkan konfirmasi ke dia saja," kata Eka.

Eka mengaku untuk menemui kabid tersebut dirinya kerap menemui kendala. 

"Jangankan kalian, saya aja yang satu kantor jarang ketemu kok. Pak Bagio itu ngantornya jam 4 sore. Saat kita mau pulang baru dia datang," keluh Eka. 

Sayangnya, saat rilislampung.id berupaya menemui Bagio, lelaki itu juga tidak ada di tempat.

Menurut seorang stafnya, Bagio pagi sempat datang. Setelah itu pergi melayat dan belum pulang lagi ke kantor. (*)

 

 

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID