Ke Kampung Tua, Dang Ike Terpukau Rumah yang Dibangun 1807 - RILIS.ID
Ke Kampung Tua, Dang Ike Terpukau Rumah yang Dibangun 1807
Muhammad Iqbal
Minggu | 14/04/2019 16.47 WIB
Ke Kampung Tua, Dang Ike Terpukau Rumah yang Dibangun 1807
Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Ike Edwin mengunjungi kampung tua di Jalan Indra Bangsawan, Rajabasa Kota Bandarlampung, Minggu (14/4/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ M Iqbal

RILIS.ID, Bandarlampung – Staf Ahli Kapolri Irjen Pol Ike Edwin sekaligus Perdana Menteri Kerajaan Paksi Pak Skala Brak Lampung, mengunjungi kampung tua di Jalan Indra Bangsawan, Rajabasa Kota Bandarlampung, Minggu (14/4/2019).

Hal itu ia lakukan untuk mengobati rasa rindu pada tanah Lampung. Di mana 47 tahun berkiprah dalam dunia Kepolisian Republik Indonesia telah banyak menyita waktunya.

"Maka, hari ini saya sempatkan untuk berkeliling melihat rumah-rumah adat Lampung yang masih ada di sekitar Kota Bandarlampung,” kata Dang Ike –sapaannya di lokasi.

Dang Ike melakukan penelusuran mulai kawasan Tanjungkarang Timur hingga ke Rajabasa. Dalam anjau silau (silaturahmi) itu, dia sempat tertarik oleh salah satu rumah adat Lampung yang terlihat sudah usang namun masih kokoh berdiri.

Rumah itu milik Imron, salah seorang pemimpin adat di kampung tua Rajabasa. Bangunan tersebut berdiri sejak tahun 1807. 

"Lamban tuha begini harus kita lestarikan, selalu kita jaga nilai sejarah dan adatnya. Karena zaman sekarang ini banyak orang yang kurang paham tentang marga-marganya," papar mantan Kapolda Lampung itu.

Kunjungan berikutnya dilanjutkan ke rumah Ketua Adat Kampung Rajabasa Tua, Amrin Ayub. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID