Keburu Ditangkap KPK, Zainudin Urung Bayar Kegiatan Perti di Swiss Belhotel - RILIS.ID
Keburu Ditangkap KPK, Zainudin Urung Bayar Kegiatan Perti di Swiss Belhotel
Muhammad Iqbal
Rabu | 31/10/2018 15.17 WIB
Keburu Ditangkap KPK, Zainudin Urung Bayar Kegiatan Perti di Swiss Belhotel
Zainudin Hasan (pakai peci) di Ruang Garuda Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/M. Iqbal

RILIS.ID, Bandarlampung – Tersangka kasus suap fee proyek infrastruktur Dinas PUPR, Bupati Lampung Selatan (nonaktif) Zainudin Hasan menyatakan kegiatan Persatuan Tarbiah Islamiyah (Perti) di Swiss Belhotel Lampung belum dibayar. 

“Gimana mau bayar, saya keduluan kena OTT KPK,” kata Zainudin saat menjadi saksi terdakwa Gilang Ramadhan, di ruang Garuda, Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang, Rabu (31/10/2018).

Pernyataan itu menjawab pertanyaan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK RI Taufik Ibnugroho, soal pembayaran kegiatan Perti.

Menurut JPU, ada instruksi pembayaran yang dilakukan Zainudin kepada Agus Bhakti Nugroho (ABN) dalam kegiatan itu. Nilai pembayaran Rp200 juta.

Hal tersebut dibenarkan oleh Zainudin Hasan. “Iya, tapi belum dibayar,” ujarnya.

JPU menayakan apakah pembayaran Perti tersebut merupakan instruksi dari Zulkifli Hasan? Mengingat adanya rekaman percakapan antara Zainudin dengan ABN untuk menyelesaikan urusan Perti di hotel itu.

“Enggak ada instruksi itu. Kalau soal rekaman yang ada keterangan perintah itu dari Zulkifli itu adalah perintah saya, seolah-olah itu instruksi dari dia untuk minta diskon 60%, jadi yang saya bayarkan adalah 40%. Dan itu hanya untuk menanggung biaya kamar aja,” jelasnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID