Kembalikan Kejayaan Kelapa, Bupati Lamsel Diganjar Penghargaan - RILIS.ID
Kembalikan Kejayaan Kelapa, Bupati Lamsel Diganjar Penghargaan
Agus Pamintaher
Selasa | 10/12/2019 22.56 WIB
Kembalikan Kejayaan Kelapa, Bupati Lamsel Diganjar Penghargaan
FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Malang – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan penghargaan kepada Plt. Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto karena dinilai sukses mengembalikan kejayaan kelapa.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Kasdi Subagyono kepada Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Lamsel Noviar Akmal mewakili Plt. Bupati.

Seremoni penyerahan reward tersebut bertepatan pada acara HUT Perkebunan ke-62 di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Jawa Timur, Selasa (10/12/2019).

“Kita patut berbangga, salah satu produk hasil perkebunan di Lampung Selatan yakni Kelapa Puan Kalianda (KPK) dipilih menjadi salah satu koleksi tanaman kelapa untuk ditanam di lokasi Taman Mini Kelapa Nusantara (TMKN) di Kabupaten Karang Asem, Provinsi Bali,” kata Plt. Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan Lamsel Noviar Akmal.

Menurut Noviar, produksi kelapa di Lamsel setiap tahun mencapai 126.618 ton. Selama ini, kelapa sebagai sumber penghasilan utama petani yang dijual segar maupun dalam bentuk olahan.

Selain itu, Noviar mengungkapkan bahwa Kabupaten Lampung Selatan pernah dikunjungi Delegasi Tim Negara Papua Nugini bersama dengan International Coconut Community (ICC) pada tahun 2015 dan pada tahun ini untuk pengembangan kelapa di negara asalnya.

“(Pejabat dan petani Papua Nugini) Mereka kala itu menyatakan sangat puas dan kagum dengan perkembangan kelapa dan olahannya yang dilakukan oleh pengrajin Lampung Selatan,” ujar Noviar.

Selain Bupati Lamsel, Kementan juga memberikan penghargaan serupa kepada delapan gubernur dan 27 bupati dari seluruh Indonesia, termasuk Bupati Lampung Barat. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID