Keren! Siswa SMKN 5 Bandarlampung Gelar Pameran Karya - RILIS.ID
Keren! Siswa SMKN 5 Bandarlampung Gelar Pameran Karya
[email protected]
Senin, 2018/04/16 20.16
Keren! Siswa SMKN 5 Bandarlampung Gelar Pameran Karya
Inilah salah satu hasil karya siswa SMKN 5 Bandarlampung yang dipamerkan. FOTO: HUMAS SMKN 5 BANDARLAMPUNG

RILIS.ID, Bandarlampung – Pihak SMK Negeri 5 Bandarlampung menggelar pameran karya siswa kelas XII pada Selasa-Kamis (17-19/4/2018). Lokasinya di ruang karya sekolah tersebut, yang beralamat di Jl. Pangeran Tirtayasa, Sukabumi, Bandarlampung.

Menurut rencana pameran dihadiri para guru, karyawan, dan orang tua siswa. Tidak menutup kemungkinan dari kalangan pengusaha dunia industri yang ingin mengoleksi karya siswa.

”Pameran rencananya dibuka Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar,” kata Sapto Wibowo, Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, melalui pesan singkatnya, Senin (16/4/2018). 

Desain produk kriya kayu dari 45 siswa menampilkan 150 karya berupa lemari pakaian, lemari hias, tempat tidur, meja kursi tamu, meja kursi makan, dan meja teras.

Lalu, meja rias, meja lipat taman, bufet, kapstok, hiasan dinding, dan aneka suvenir. ”Semua bahan menggunakan kayu jati dan khas ukiran ornamen Lampung,” imbuh Sapto.

Sementara desain produk kriya tekstil antara lain menampilkan 250 karya berupa selendang batik, hiasan dinding batik, tapis, tas rajut, baju batik, dan baju sulam usus.

Sedangkan desain produk logam 62 siswa menampilkan 80 karya berupa meja, kursi taman, rak bunga, hiasan dinding, meja rias, dari bahan besi dan plat kuningan, serta drum bekas.

Berikutnya jurusan mulitimedia dari 60 siswa menampilkan 100 karya di antaranya film pendek, CD pembelajaran interaktif, foto both, desain grafis, dan poster film.

Untuk jurusan animasi menampilkan 50 karya dari 26 siswa berupa film animasi pendek, iklan layanan masyarakat animasi, poster animasi, lukisan karakter tokoh animasi.

”Terakhir, 120 siswa otomotif menampilkan karya rangkaian kelistrikan kendaraan, engine stand, peragaan servis berkala, sepeda motor hasil rakitan dari onderdil bekas,” papar Sapto.

Kepala SMKN 5, Imran, menambahkan pameran ini merupakan wujud dari pertanggungjawaban siswa dan sekolah kepada masyarakat. Yakni hasil tercapainya kompetensi keahlian yang telah dipelajari selama tiga tahun menempuh pendidikan di sekolah.

Terpisah, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Sulpakar berharap siswa tamatan SMKN 5 siap bekerja dan mengembangkan keahliannya di bidang seni kerajinan dan teknik. Juga berperan serta aktif dalam meningkatkan kualitas diri masing-masing agar mampu bersaing di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). (*)

Editor gueade


komentar (0)