Khamamik Tindaklanjuti Usulan Jumadi ke Jokowi - RILIS.ID

Khamamik Tindaklanjuti Usulan Jumadi ke Jokowi
Segan Simanjuntak
Kamis, 2018/02/22 00.40
Khamamik Tindaklanjuti Usulan Jumadi ke Jokowi
Bupati Mesuji Khamamik tindaklanjuti rencana pembangunan saluran irigasi di Kantor Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (21/2/2018). FOTO: RILIS ID/IST

RILIS.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR) Basuki Hadimuljono segera membangun saluran irigasi untuk para petani di Kabupaten Mesuji.

Perintah Jokowi itu disampaikan saat melakukan kunjungan kerja di Kawasan Terpadu Mandiri (KTM) Mesuji, Desa Wonosari, Kecamatan Mesuji Timur, pada 21 Januari 2018.

Adalah Jumadi, pengurus Kelompok Tani Sri Mukti yang mengusulkan pembangunan irigasi tersebut. Warga RT 05 Desa Wonosari itu diminta Kepala Negara untuk memberikan saran kepada pemerintahannya. “Punya saran nggak untuk pemerintah, panjenengan (kamu)?,” tanya Jokowi.

“Saya kalau bisa, Pak, diberikan irigasi, biar petani itu bisa mengatur air. Karena petani sering mengalami kekeringan, sehingga panen cuma bisa satu kali,” timpal Jumadi.

Spontan, Jokowi langsung memerintahkan Menteri Basuki yang turut dalam kunjungan itu untuk menindaklanjuti pembangunan saluran irigasi di Mesuji. “Inget-inget yang usul (pembangunan irigasi), Mas Jumadi. Saya hanya memutuskan, jangan nanti keliru,” ucap Jokowi disambut gelak tawa tamu undangan yang hadir dalam acara tersebut.

Bahkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta Kementerian PUPR segera melakukan survei terkait kelayakan pembuatan irigasi di kabupaten tersebut.

Usulan Jumadi ke Jokowi itu ditindaklanjuti dengan cepat oleh Bupati Mesuji Khamamik yang melakukan pemaparan kondisi saluran irigasi, rawa, dan sungai di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Di hadapan Direktur Irigasi dan Rawa Mochammad Mazid, Khamamik menyampaikan beberapa hal. Di antaranya normalisasi Sungai Buaya dan Sungai Mesuji, pembangunan dan rehabilitasi tanggul penangkis, pembangunan pintu air di muara saluran primer.

Kemudian normalisasi saluran primer, sekunder, dan tersier sampai penanganan saluran beton, pembangunan dan rehabilitasi pintu air, serta penanganan abrasi di Unit II Desa Sidang Iso Mukti dan Sidang Sido Rahayu.

“Kami berharap penanganan saluran irigasi di Mesuji dapat dikerjakan secara swakelola. Selain menghemat anggaran, hasil yang diharapkan juga dapat maksimal. Untuk itu, saya mohon kepada Kementerian PUPR agar memaksimalkan bantuan yang ada berupa alat-alat berat. Usulan dari kami juga disambut baik oleh Pak Menteri,” kata Khamamik dalam keterangannya yang diterima rilis.id, Rabu (21/2).

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Mesuji Najmul Fikri menambahkan, dengan pembangunan saluran irigasi, maka akan berdampak pada peningkatan produksi pertanian guna mendukung kedaulatan pangan di Indonesia.

“Dengan berfungsinya saluran irigasi, rawa, dan sungai diharapkan banjir yang melanda beberapa area permukiman dan lahan pertanian di Mesuji dapat teratasi,” tandasnya. (*)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)