Komisi VII DPR Ragukan Limbah Batu Bara PLTU Tarahan Aman - RILIS.ID
Komisi VII DPR Ragukan Limbah Batu Bara PLTU Tarahan Aman
Bayumi Adinata
Senin | 26/11/2018 15.07 WIB
Komisi VII DPR Ragukan Limbah Batu Bara PLTU Tarahan Aman
Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Tamsil Linrung. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Lampung Selatan – Komisi VII DPR RI meragukan limbah limbah pengolahan batu bara menjadi daya listrik di Pusat Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tarahan, Kabupaten Lampung Selatan, tidak mengandung unsur B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).

Guna memastikan ada tidaknya kandungan B3 itu, Komisi VII segera melakukan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mengecek limbah tersebut.

Menurut Ketua Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Tamsil Linrung, memang sejauh ini pihak PT  PLN Regional Sumatera menyatakan limbah batu bara tidak mengandung B3. 

“Justru bisa dimanfaatkan bagi masyarakat Lampung untuk dibuat batako maupun olahan semen bagi perusahaan," kata dia dalam kunjungan kerja di PLTU Tarahan, Senin (26/11/2018).

Namun, untuk membuktikan hal tersebut, Tamsil tetap segera berkoordinasi dengan Kementerian LH dan PLN Pusat. "Itu benar atau tidak!" tegasnya.

Direktur Bisnis PT PLN Regional Sumatera, Wiluyo Kusdwiharto membenarkan bahwa limbah batu bara di PLTU Tarahan tidak mengandung B3 yang membahayakan manusia. 

"Iya pembangkit listrik di sinikan sudah lama beroperasi, Alhamdulillah masyarakat aman-aman saja," kata dia.

Wiluyo mengatakan bahwa hasil pembuahan limbah batu bara bisa dimanfaatkan sebagai batako atau olahan semen bagi masyarakat Lampung.

Namun sayang, masih ada kendala soal pemanfaatan tersebut. Pihaknya belum menerima izin Kementerian LH. 

"Sejauh ini kami belum tau permasalahannya. Maka meminta dorongan dari Komisi VII DPR RI," tuturnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID