Konjen Tiongkok Bicara Potensi dan Pertumbuhan Lampung - RILIS.ID
Konjen Tiongkok Bicara Potensi dan Pertumbuhan Lampung
El Shinta
Selasa | 10/04/2018 22.04 WIB
Konjen Tiongkok Bicara Potensi dan Pertumbuhan Lampung
Konsulat Jenderal Tiongkok di Medan, Sun Ang berbicara soal potensi dan perkembangan Lampung di Hotel Novotel, Bandarlampung, Selasa (10/4/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Konsulat Jenderal (Konjen) Tiongkok di Medan, Sun Ang melakukan kunjungan perdananya ke Lampung dan langsung bersilaturahmi dengan Pjs. Gubernur Didik Suprayitno di Kantor Gubernur, Selasa (10/4/2018). Ia membawa misi kerjasama di bidang politik, ekonomi, pendidikan, dan kebudayaan.

Sun Ang menilai perekonomian Lampung akan terus meningkat dalam waktu yang cepat. Ini mengingat Lampung memiliki posisi strategis dan banyak potensi yang masih bisa dioptimalkan.

“Saya merasa posisi Lampung sangat penting, paling selatan dan dekat dengan Pulau Jawa. Provinsi Lampung penghubung. Lampung sangat indah, waktu saya naik kapal Selat Sunda sangat indah. Pemandangan sangat indah juga saya dapat dari hotel. Perkembangan ekonomi di Lampung sangat besar,” katanya saat konferensi pers di Hotel Novotel, Selasa (10/4).

Setelah keluar dari Pelabuhan Bakauheni, Sun Ang pun mencoba Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Ia menilai pembangunan JTTS sangat penting untuk meningkatkan perekonomian Lampung.

“Selat Sunda bisa sebagai jalur terpenting penghubung Samudera Hindia dan Pasifik. Fasilitas pelabuhan bisa diperbaiki untuk menjadi pelabuhan internasional,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga berminat menjalin kerjasama “Sister City” Bandarlampung dan Guilin yang merupakan kota dengan pemandangan indah di Tiongkok.

Di bidang pendidikan dan kebudayaan, Pemerintah Tiongkok membuka beasiswa kepada pegawai negeri dan mahasiswa Lampung yang ingin melanjutkan pendidikan di Tiongkok. “Bagi pegawai negeri yang ingin mendapatkan beasiswa bisa menghubungi kami dan bagi mahasiswa bisa menghubungi kedutaan besar. Kami buka peluang sebesar-besarnya,” ungkapnya.

Ia juga takjub saat mengunjungi salah satu sekolah di Bandarlampung yang menjadikan bahasa Mandarin menjadi salah satu mata pelajaran. Termasuk saat ia berkunjung ke Museum Lampung. “Saya merasa sejarah di Museum Lampung sangat menarik, barang-barangnya memperlihatkan kebudayaan sejarah,” tuturnya.

Mengenai sektor pariwisata, Su Ang juga mengaku terpesona dengan keindahan alam di Lampung. Ia berjanji akan membawa banyak wisatawan asal negaranya untuk berlibur ke provinsi berjuluk Sai Bumi Ruwa Jurai ini.

“Penduduk kami yang paling banyak pergi ke luar negeri. Tahun lalu saja ada 2 juta penduduk kami yang datang ke Bali untuk berwisata. Pak Gubernur tadi bilang pesisir laut dan pantai Lampung sangat panjang dan indah, lebih indah daripada Bali. Kami berharap pemerintah Indonesia bisa bekerja keras untuk meningkatkan pariwisata di Lampung,” pungkasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID