Kota Langganan Banjir, Herman Sebut Salah Warga dan Developer - RILIS.ID
Kota Langganan Banjir, Herman Sebut Salah Warga dan Developer

Senin | 25/02/2019 20.01 WIB
Kota Langganan Banjir, Herman Sebut Salah Warga dan Developer
Banjir yang merendam ribuan rumah di Kota Bandarlampung pada Sabtu (16/2/2019) malam. FOTO: BPBD Kota Bandarlampung 

RILIS.ID, Bandarlampung – Bencana banjir di Kota Bandarlampung setiap kali hujan turun bukan hanya fenomena alam biasa. Perilaku hidup masyarakat yang tidak sehat dan pembuatan drainase perumahan yang asal-asalan dituding jadi penyebab.

Wali Kota Bandarlampung Herman HN beralasan, pihaknya selama ini sudah berupaya mengantisipasi banjir dengan berbagai cara. Mulai membuat drainase hingga membentuk tim kuning. Namun, hal ini tidak didukung masyarakat.

"Masyarakat juga nggak peduli lingkungan, buang sampah sembarangan. Selokan depan rumah mampet dibiarkan, gimana nggak banjir. Kalau apa-apa harus pemerintah yang repot juga," keluh Herman, Senin (25/2/2019).

Dia turut mengkritisi keberadaan perumahaan yang tidak memperhatikan sistem drainase yang berimbas terhadap lingkungan sekitar yang menyebabkan banjir.

"Pengembang juga banyak yang nggak tertib. Cuma mau untung. Buat drainase sembarangan, nggak memperhatikan lingkungan sekitarnya. Makanya saya minta coba perhatikan dulu sekitarnya, jangan sekadar bangun," kesalnya.

Sementara Kabid Perizinan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim), Dekrison, mengatakan permasalahan drainase di perumahan yang tidak sesuai berada di ranah Dinas Pekerjaan Umum.

"Pengawasan penanganan banjir ada di Dinas PU, karena masalah itu berkaitan izin yang mereka terbitkan. Jadi bukan sekadar kasih izin, dilihat juga rekomendasi yang diberikan dijalankan atau nggak sama developer," tandas Dekrison.

Lain lagi dengan Kabid Sumber Daya Alam Dinas PU, Rizki Agung. Dia awalnya menyatakan hal itu kewenangan Disperkim.  Namun kemudian ia meralat dan mengatakan pihaknya segera meninjau ulang izin developer bandel.

"Kami segera menindaklanjuti harapan Pak Wali terkait pengawasan perumahan. Besok pagi saya akan rapat, apa saja isi rekomendasi banjir ke developer. Dari situ kita lihat sudah dijalankan kajian teknis yang kita buat. Kalau nggak sesuai akan kita koordinasikan dengan Disperkim," janjinya. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID