KPK dan KAD Awasi Perusahaan Swasta di Lampung - RILIS.ID
KPK dan KAD Awasi Perusahaan Swasta di Lampung

Selasa | 17/07/2018 13.15 WIB
KPK dan KAD Awasi Perusahaan Swasta di Lampung
Kepala Satuan Tugas III Koordinasi dan Supervisi pencegahan KPK RI, Adlinsyah Malik Nasution. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Tindak pidana korupsi masih marak terjadi di Indonesia. Selain melibatkan mereka yang bertugas di instansi pemerintahan, ternyata tak sedikit melibatkan pengusaha atau orang yang bergerak di bidang swasta.

Untuk itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan pencegahan dan pengawasan seluruh pengusaha dan pihak swasta di Lampung agar tidak terlibat korupsi.

Pengawasan dilakukan KPK dengan menggandeng Komite Avokasi Daerah (KAD) Provinsi Lampung.

Kepala Satuan Tugas III Koordinasi dan Supervisi pencegahan KPK RI, Adlinsyah Malik Nasution mengatakan, pihak swasta seperti pengusaha, juga rentan dengan tindak pidana korupsi.

“Berdasarkan data di KPK dari tahun 2014 hingga 2017 tercatat pihak swasta banyak terlibat korupsi yakni sebanyak 184 orang," kata dia, usai menghadiri acara KAD Antikorupsi di Ruang Abung Pemprov Lampung, Selasa (17/7/2018).

Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Provinsi Lampung, Muhammad Khadafi mengatakan, menyambut baik pengawasan KPK bagi pengusaha dan pihak swasta. Dengan begitu para pelaku usaha di Lampung diharapkan tidak melakukan korupsi.

Dia berharap pihak swasta dan pemerintah yang saling berkaitan bisa menjalankan komitmen yang baik jangan sampai melakukan tindak pidana korupsi.

“Dengan demikian, pencegahan korupsi dapat dilakukan secara simultan dan komprehensif melalui pendekatan," ungkapnya.

Sekprov Lampung, Hamartoni Ahadis juga menyambut baik adanya pengawasan dari KPK yang menggandeng KAD.

“Pemprov juga kini telah memperketat proses perizinan  bagi para pengusaha, memberikan sosialisasi pengawasan dan pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi," ujarnya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID