KPU Ajak Masyarakat Cek Namanya di Sidalih - RILIS.ID
KPU Ajak Masyarakat Cek Namanya di Sidalih
Taufik Rohman
Selasa | 28/08/2018 20.12 WIB
KPU Ajak Masyarakat Cek Namanya di Sidalih
Komisioner KPU Provinsi Lampung saat penyerahan berita acara hasil perbaikan calon DPD RI Dapil Lampung, Selasa (28/8/2018).FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – KPU mengajak masyarakat Provinsi Lampung untuk mengecek namanya, apakah sudah terdaftar dalam data pemilih tetap (DPT) Pemilihan umum (pemilu) 2019. 

Jika masih ada masyarakat masyarakat yang belum terdaftar di DPT Pemilu, karena alasan belum perekaman maka diminta mengurusnya ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat untuk mendapatkan KTP elektronik atau surat keterangan kependudukan (suket).

 Saat ini, kata Komisioner KPU Lampung Divisi Pendataan Pemilih, Handi Mulyaningsih, jajaran KPU Kabupaten/Kota sudah mempublikasikan daftar pemilih tetap (DPT) sesuai dengan yang ada di sisteim informasi data pemilih (sidalih) di pekon-pekon (desa-desa) dan tempat strategis.

“Kemudian juga bisa langsung melihat di https://sidalih3.kpu.go.id/dppublik/dpsnik,” ungkapnya, saat penyerahan berita acara hasil perbaikan calon DPD RI dapil lampung, Selasa (28/8/2018).

Selanjutnya, bagi masyarakat yang sudah dapat KTP-El atau Suket, nanti masuk kedalam Daftar Pemilih Khusus, dan memilih menggunakan KTP-El sesuai alamatnya masing-masing.

"Kita juga menunggu rekap secara nasional yang dilaksanakan pada 6 september 2018. Karena ini DPT pileg dan pilpres jadi nunggu pleno rekap nasional oleh KPU RI baru nanti dipublikasikan," terangnya.

Sementara itu, Bawaslu Provinsi Lampung terus berupaya memonitor daftar pemilih yang belum masuk ke dalam DPT.

“Kita menghimbau masyarakat agar bisa mensuport penyelenggara pemilu agar jika belum terdaftar sebagai pemilih di sidalih, maka silahkan melapor, dan jika belum perekaman E-KTP serta belum punya Suket maka segeralah ke Disdukcapil untuk mengurusnya,” kata Komisioner Bawaslu Lampung Iskardo P Panggar.

Diketahui, Jumlah DPT Pemilu Pileg dan pilpres yang akan dilaksanakan pada Rabu (17/4/2019) mendatang, pemilih di Provinsi Lampung sebanyak 5.914.926 orang terdiri dari laki-laki 3.022.504 orang dan perempuan 2.892.422 orang yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota, tersebar di 26.208 TPS, 2.640 Desa/Kelurahan dan 228 Kecamatan.

KPU Provinsi Lampung akan menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat Provinsi pada Jumat (31/8/2018)  mendatang. Selanjutnya pleno di tingkat KPU RI pada Kamis (6/9/2018). (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID