KPU Isyaratkan Satu Kali Debat Tetap di Jakarta - RILIS.ID

KPU Isyaratkan Satu Kali Debat Tetap di Jakarta
Taufik Rohman
Rabu, 2018/03/14 15.27
KPU Isyaratkan Satu Kali Debat Tetap di Jakarta
Pertemuan KPU Lampung dengan LO Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Provinsi Lampung belum dapat memutuskan 1 dari 3 kali debat kandidat tetap digelar di Jakarta atau di Lampung. Alasannya, keputusan itu harus melibatkan seluruh komisioner KPU.

Namun, Komisioner KPU Lampung Divisi Pengembangan SDM dan Partisipasi masyarakat, Solihin mengisyaratkan 1 kali debat itu digelar di Jakarta. Ia menegaskan pada prinsipnya debat kandidat ini ranahnya KPU. Artinya, KPU lebih bisa menyesuaikan jika anggaran itu cukup.

"Debat digelar di Jakarta itu justru tidak menambah anggaran. Pertimbangan lainnya jika peliputan media nasional itu mungkin kan jangkauan siaran luas, dan sudah kita diskusikan dengan teman media lokal bahwa mereka ada jangkauan siaran ada keterbatasan," katanya usai diskusi dengan LO Paslon dan Bawaslu, Rabu (14/3/2018).

Agenda KPU untuk kandidat itu dibagi 3 kali. Yakni 24 Maret, 28 April dan 11 Mei. "Itu kan keputusan KPU, apakah di Jakarta itu tanggal 24 Maret atau 28 April. Nanti akan kita putuskan dalam rapat pleno Komisioner KPU, kalau pleno itu harus kuorum. Gimana mau putuskan, karena dalam pertemuan tadi komisioner KPU-nya tidak lengkap, yang dua lagi ada kegiatan ke Mesuji," katanya.

Dalam diskusi bersama dengan LO paslon itu, Komisioner KPU Lampung hanya 3 yang hadir, yakni Ketua Nanang Trenggono, Komisioner Solihin dan Ahmad Fauzan.

Sementara Ketua KPU Nanang Trenggono menjelaskan, jika paslon tidak menghadiri debat kandidat yang diselenggarakan di TV Nasional, maka KPU bisa memberikan sanksi. "Perbedaan debat kandidat antar dulu dengan sekarang adalah karena ini mengikat sifatnya," kata Nanang.

Sementara itu, kata Komisioner Bawaslu Lampung, Divisi Pencegahan dan hubungan antar lembaga, Iskardo P.Panggar, bahwa Bawaslu mengikuti saja ketentuan dari KPU Lampung, karena memang ranahnya KPU

"Prinsipnya kita mengikuti apa yang menjadi ketentuannya, jika memang harus digelar debat kandidat di Jakarta, Bawaslu mengikuti. Tapi jika memang bisa digelar di Lampung,” katanya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)