Kuota CPNS Terpenuhi dengan Keluarnya Permenpan RB 61/2018 - RILIS.ID
Kuota CPNS Terpenuhi dengan Keluarnya Permenpan RB 61/2018
Bayumi Adinata
Jumat | 23/11/2018 19.31 WIB
Kuota CPNS Terpenuhi dengan Keluarnya Permenpan RB 61/2018
es CPNS Zona 1 untuk sesi 1 di Gedung Futsal Korpri Pemprov Lampung. FOTO: RILISLAMPUNG.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung belum bisa mengumumkan perangkingan peserta yang lulus seleksi CPNS tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD).

Plt. Kepala BKD Lampung Rusli Syofuan melalui Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Lampung Henry Riduan menjelaskan pihaknya masih menunggu pengumuman hasil tes CPNS SKD.

“Namun dengan keluarnya Permenpan RB Nomor 61 Tahun 2018 pada 21 November 2018, maka Insyaallah kuota formasi CPNS Pemprov Lampung bisa terpenuhi,” jelasnya, Jumat (23/11/2018).

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari BKN bahwa kelulusan SKD dalam kebijakan tersebut disebutkan 3 ketentuan peserta CPNS 2018 yang berhak ikut SKB sebagai berikut:

1. Peserta yang memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dan berperingkat terbaik sesuai dengan jenis formasi jabatan diikutsertakan sejumlah paling banyak 3 (tiga) kali jumlah alokasi formasi.

2. Apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai kumulatif SKD sama, penentuan didasarkan secara berurutan mulai dari nilai Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

3. Apabila terdapat peserta yang mempunyai nilai TKP, TIU, dan TWK sama, serta berada pada batas jumlah 3 (tiga) kali alokasi formasi, keseluruhan peserta dengan nilai sama tersebut diikutsertakan.

“Peserta SKB terdiri dari dua kelompok yaitu peserta SKD yang memenuhi Nilai Ambang Batas  dan peserta SKD yang tidak memenuhi Nilai Ambang Batas, namun memiliki peringkat terbaik dari angka kumulatif SKD diatur berdasarkan Peraturan Menteri ini," paparnya.

"Kami akan konsultasi ke pusat,  kan ada agenda BKN yaitu rekonsiliasi di jakarta mungkin akan membahas terkait pelaksanaan SKD kemarin, "kata dia kepada rilislampung.id saat dihubungi, Jumat (23/11/2018).

Terpisah, anggota Komisi I DPRD Lampung Aprilliati mendukung aturan yang dikeluarkan pemerintah pusat dalam Permenpan RB Nomor 61 Tahun 2018 tentang Optimalisasi Pemenuhan Kebutuhan/Formasi Pegawai Negeri Sipil dalam Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 yang telah dikeluarkan pada 21 November 2018

Menurutnya, regulasi tersebut akibat banyaknya peserta yang tidak memenuhi passing grade dalam pelaksanaan tes CPNS sehingga menimbulkan beberapa formasi yang kosong.

"Dengan banyak yang tidak lulus berarti kuota tidak terpenuhi sementara proses CPNS sudah dilaksanakan.  Padahal masing-masing daerah di Lampung sudah sangat membutuhkan PNS baik struktural maupun fungsional terutama tenaga guru dan kesehatan," kata dia.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID