Lagi, Pengemudi Taksi Online Tolak Permenhub 108 - RILIS.ID
Lagi, Pengemudi Taksi Online Tolak Permenhub 108

Senin | 26/03/2018 12.58 WIB
Lagi, Pengemudi Taksi Online Tolak Permenhub 108
Komunitas driver taksi online Lampung menggelar aksi damai di Tugu Adipura, Bandarlampung, Senin (26/3/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Bayumi Adinata

RILIS.ID, Bandarlampung – Sedikitnya puluhan Komunitas Driver Taksi Online Lampung menggelar aksi damai di Tugu Adipura Bandarlampung, Senin (26/3/2018). Selain di Tugu Adipura, massa juga berorasi di depan Kantor Gojek dan DPRD Lampung.

Aksi tersebut menurut Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Febi Arisma sebagai respon dari rencana pemerintah yang akan memberlakukan Permenhub No. 108/2017. "Ya, aksi ini adalah bentuk penolakan terhadap kebijakan pemerintah yang tidak prorakyat,” kesal Febi.  

Massa juga menggalang dukungan berupa tandatangan para driver di atas kertas bermaterai yang akan dikirimkan kepada Presiden Jokowi Jika PM108 diberlakukan, Febi memastikan aturan itu akan menjadi momok bagi masyarakat Indonesia. Tidak hanya driver tetapi masyarakat secara umum juga dirugikan. 

"Kehadiran taksi online tidak hanya telah menciptakan lapangan pekerjaan baru dengan upah yang menjanjikan. Di sisi lain, masyarakat ikut terbantu dengan adanya subsidi atau promo ongkos murah," paparnya.

Beberapa waktu lalu, pengemudi Grab melakukan demo serupa. Tuntutannya sama, menolak Permenhub 108 yang dinilai merugikan tersebut.

Permenhub dimaksud terbit 1 November 2017. Peraturan ini menyebutkan sopir taksi online wajib memiliki SIM A umum, bergabung dengan badan hukum, memiliki dokumen perjalanan berupa STNK, KIR, dan kartu pengawasan. Poin-poin itulah yang dinilai memberatkan.

Salah satu anggota komunitas Group Driver Online Lampung (Gorilla),  Oky mengatakan, pihaknya sangat kecewa dengan kebijakan pemerintah yang tidak berpihak kepada rakyat. Pemerintah  seharusnya memberikan solusi, bukan menambah beban mereka. (*)

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID