Lamanya Tidur dan Cara Mencukupinya agar Berkualitas - RILIS.ID

Lamanya Tidur dan Cara Mencukupinya agar Berkualitas
[email protected]
Rabu, 2018/10/31 12.56
Lamanya Tidur dan Cara Mencukupinya agar Berkualitas
DR. dr. Khairun Nisa Berawi, M.Kes., AIFO

Mulai Kamis (25/10/2018), rilislampung.id membuka rubrikasi "Konsultasi Kesehatan" yang akan dipandu oleh dokter berkompeten di bidangnya. Silakan kirim pertanyaan kepada redaksi via SMS/WhatsApp di nomor: 0813-6952-5525. Salam sehat!
====

Pertanyaan

Assalamu’alaikum dokter.

Sebenarnya kita perlu tidur dalam sehari itu berapa banyak? Soalnya saya hanya mampu tidur malam maksimal 5 sampai 6 jam. Bagaimana cara agar cukup tidur? (Tuti, Pangajaran, Telukbetung Utara)

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Mayoritas orang dewasa yang sehat membutuhkan antara 7 hingga 9 jam perhari, meskipun banyak orang yang lebih tua mengalami kesulitan tidur dalam satu blok waktu setiap malam.

Sehingga perlu adanya peningkatan kualitas tidur pada orang tua yang mulai mengalami penurunan jumlah waktu tidur.

National Sleep Foundation 2018 Sleep in America Poll menemukan bahwa banyak orang tidak memenuhi kebutuhan tidur mereka. Tidur rata-rata hanya 6 jam 40 menit per hari selama seminggu, dan sekitar 7,5 jam pada akhir pekan.

Jumlah tidur yang dibutuhkan individu yang sehat ditentukan terutama oleh dua faktor, yaitu genetika atau faktor keturunan dan usia. 

Genetika/faktor keturunan berperan baik dalam jumlah waktu tidur yang dibutuhkan seseorang, atau kebiasaannya untuk bangun lebih awal (ini disebut "larks," atau tipe orang bangun pagi) atau tidur larut malam (ini adalah "burung hantu" atau orang-orang tipe malam). Irama circadian atau jam harian tubuh, mengatur siklus harian berbagai fungsi tubuh termasuk siklus tidur/bangun, dapat sedikit berbeda dari individu ke individu. 

Kebutuhan jumlah tidur seseorang berdasarkan usia secara umum menurut National Sleep Foundation 2018 in American Poll adalah:

1. Bayi (usia 0-3 bulan): 14-17 jam sehari.

2. Bayi (usia 4-11 bulan): 12-15 jam sehari

3. Balita (usia 1-2 tahun): sekitar 11-14 jam sehari.

4. Anak-anak pra-sekolah (usia 3-5): 10-13 jam sehari.

5. Anak usia sekolah (usia 6-13): 9-11 jam sehari.

6. Remaja (usia 14-17): sekitar 8-10 jam setiap hari.

7. Orang dewasa membutuhkan 7-9 jam setiap malam untuk jumlah tidur terbaik, meskipun beberapa orang mungkin memerlukan sedikitnya 6 jam atau sebanyak 10 jam tidur setiap hari.

8. Orang dewasa yang lebih tua (usia 65 dan lebih tua): 7-8 jam tidur setiap hari.

9. Wanita dalam 3 bulan pertama kehamilan sering membutuhkan beberapa jam tidur lebih dari biasanya.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan seseorang untuk meningkatkan kualitas tidur atau untuk menghilangkan masalah tidur ringan.

Antara lain,  menciptakan lingkungan tidur yang nyaman, menjaga keseimbangan gizi dan olahraga yang sehat, dan terlibat dalam aktivitas santai atau relaksasi dekat waktu tidur.

Menjaga jadwal tidur yang teratur —bahkan pada akhir pekan— membantu kita tertidur dan bangun lebih mudah.

Peningkatan kualitas tidur ataupun pemenuhan kebutuhan tidur yang cukup akan memaksimalkan kualitas aktifitas harian.

Karena pada saat tidur tubuh melakukan banyak proses regenerasi sel sel yang rusak sehingga kerusakan jaringan dapat diperbaiki dengan baik, juga pengaturan fungsi sistem pengatur saraf dan hormon untuk memulihkan kelelahan fisik dan mental yang telah dialami dalam aktifitas sehari hari.

Demikian, semoga bermanfaat.

(Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasi ke DR. dr. Khairun Nisa Berawi, M.Kes., AIFO)

Praktek:

Klinik BRI Medika

Jl. Raden Saleh No. 15 Telukbetung Utara, Bandarlampung

Tlp: 0721-5602835

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)