Lampung Barat Kenalkan Fine Robusta pada Expo Kopi Nusantara - RILIS.ID
Lampung Barat Kenalkan Fine Robusta pada Expo Kopi Nusantara
Rilis.id
Senin | 12/03/2018 11.07 WIB
Lampung Barat Kenalkan Fine Robusta pada Expo Kopi Nusantara
Menteri Pertanian, Amran Sulaiman ketika berkunjung ke stand Lampung Barat pada Expo Kopi Nusantara. FOTO: Dokumen Pribadi

RILIS.ID, Jakarta – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat memperkenalkan fine robusta, khas kabupaten itu dalam Expo Kopi Nusantara yang berlangsung di Intermark Hall, BSD, Tangerang, 9 hingga 11 Maret 2018.

"Di Expo Kopi Nusantara ini, kita mengenalkan berbagai macam kopi yang dihasilkan oleh petani Lampung Barat, di antaranya fine robusta dan kopi luwak," kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Lampung Barat, Tri Umaryani, kepada rilis.id di Jakarta, Senin (12/3/2018).

Menurutnya, kopi robusta asal Lampung Barat ini sangat diminati oleh pengunjung, pemilik kedai kopi maupun importir kopi dari seluruh nusantara.

Hal tersebut terlihat dari hasil cuping test untuk uji cita rasa kopi luwak yang hasilnya sangat memuaskan dan rasa kopi tersebut menjadi favorit selama Expo Kopi Nusantara berlangsung.

"Sebagai daerah penghasil kopi terbesar di provinsi Lampung, Lampung Barat juga turut menjadi penyumbang ekspor kopi terbesar di Indonesia," jelas Tri, begitu ia akrab disapa.

Ia juga mengapresiasi dikukuhkannya Dewan Kopi Nasional oleh Menteri Pertanian, Amran Sulaiman dan Ketua MPR, Zulkifli Hasan sebagai tokoh pecinta kopi.

"Ini bentuk komitmen pemerintah untuk mendukung pengembangan kopi di Indonesia. Kita berharap Dewan Kopi Nasional ini mampu merumuskan program-program dan bersinergi dengan pemerintah daerah dalam menyusun kebijakan perkopian di Indonesia yang nantinya akan berujung pada kesejahteraaan petani kopi," jelas Tri Umaryani.

Menteri Pertanian, tambah Tri, juga berharap Lampung Barat bisa membantu mewujudkan target produksi kopi Indonesia sebanyak 5 juta ton. (*)

Editor


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID