Lampung Barat Waspada Bahaya RTKP - RILIS.ID
Lampung Barat Waspada Bahaya RTKP
Anton Suryadi
Selasa | 27/11/2018 18.23 WIB
Lampung Barat Waspada Bahaya RTKP
Sosialisasi Bahaya Radikalisme, Terorisme, Komunisme dan Premanisme di aula Kodim 0422 Lambar. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Anton Suryadi

RILIS.ID, Lampung Barat – Bahaya radikalisme, terorisme, komunisme, dan premanisme (RTPKP) kian marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Termasuk Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Lambar Ruspan Anwar mengaku persoalan RTKP harus ditangani dengan serius. Meski sudah banyak pelaku teror ditangkap, jaringan teroris dan paham radikalisme tetap diwaspadai.

“Bahayanya sikap ekstrim ini biasanya diimplementasikan melalui tindakan-tindakan teror, ancaman dan anarkisme terhadap negara dan aparatnya," katanya saat membuka sosialisasi bahaya RTKP di aula Kodim 0422 Lambar, Selasa (27/11/2018).

Ancaman ini, menurut Ruspan, menjadi perhatian seluruh elemen masyarakat. Juga mewaspadai munculnya gejala kebangkitan kelompok radikal kiri yang berideologi komunis atau PKI gaya baru.

“Bangkitnya ideologi komunis ini dilakukan dengan cara menyusup ke berbagai lini, mulai dari ormas, partai sampai pada lembaga-lembaga negara," terangnya.

Dia mengajak peran aktif seluruh masyarakat dan para tokoh untuk membantu tugas aparat pemerintahan, terutama mendeteksi munculnya gerakan radikal serta aktivitas terorisme dan premanisme.

“Saya juga berpesan agar kita terus meningkatkan kerja sama dalam memberantasnya. Karena biasanya tindakan premanisme yang dilakukan oleh segelintir orang dapat memicu terjadinya konflik sosial yang lebih luas," tutupnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID