Lampung Optimasi Lahan Rawa di Tiga Daerah - RILIS.ID
Lampung Optimasi Lahan Rawa di Tiga Daerah
Segan Simanjuntak
Rabu | 01/08/2018 11.48 WIB
Lampung Optimasi Lahan Rawa di Tiga Daerah
Program optimasi lahan rawa di Kampung Bandar Ajijaya Kecamatan Gedungaji Kabupaten Tulangbawang. ILUSTRASI: RILISLAMPUNG.ID/Sulis Wanto

RILIS.ID, Bandarlampung – Sejak tiga dekade terakhir bangsa Indonesia masih dihadapkan dengan permasalahan pangan dan kemiskinan. Permasalahan utama pangan adalah bagaimana meningkatkan kapasitas produksi pangan.

Dengan semakin pesatnya kegiatan ekonomi, maka sektor pertanian tidak dapat dielakkan pada persaingan sumber daya lahan. Hal ini yang memacu alih fungsi lahan khususnya di Provinsi Lampung.

Berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Provinsi Lampung, kontribusi lahan rawa terhadap produksi padi semakin besar karena mengingat potensi lahan masih luas.

Kepala Dinas TPH Provinsi Lampung, Edi Yanto, program optimasi lahan rawa dapat meningkatkan produktivitas dan indeks tanam/panen melalui penerapan teknologi.

“Antara lain penataan lahan dan sistem tata air, ameliorasi (perbaikan fisik dan kimia tanah) dan pemupukan, pengendalian OPT, serta penanganan panen dan pasca-panen,” katanya didampingi Sekretaris Dinas TPH Novalia, Rabu (1/8/2018).

Optimasi lahan rawa, lanjut Edi, merupakan kegiatan upaya peningkatan indeks pertanaman (IP) melalui rehabilitasi dan atau penyempurnaan infrastruktur, seperti tanggul keliling, rehabilitasi saluran irigasi tersier dan kuarter.

“Kemudian perbaikan dan pembuatan drainase, termasuk pengadaan pompa. Serta peningkatan kualitas kesuburan lahan,” jelasnya.

Menurut Edi, pembiayaan program optimasi lahan rawa didukung pemerintah pusat melalui APBN tahun anggaran 2018. Alokasi dana bantuan pemerintah digunakan oleh kelompok sasaran.

"Peruntukkannya pekerjaan bangunan air, penyempurnaan atau penguatan pematang/tanggul keliling lahan, rehabilitasi saluran irigasi tersier, kuarter, perbaikan dan pembuatan drainase dan lain-lain, serta meningkatkan kualitas kesuburan lahan rawa,” paparnya.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas TPH Provinsi Lampung, Indriatmoko, menambahkan program optimasi lahan rawa di Lampung pada tahun ini menyasar tiga daerah.

“Yakni Kabupaten Lampung Timur 1.000 ha, Tulangbawang 1.500 ha, dan Mesuji 2.500 ha,” katanya. (Advetorial)


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID