Lima Bulan, Lima Kasus Pemilu Muncul di Bandarlampung - RILIS.ID

Lima Bulan, Lima Kasus Pemilu Muncul di Bandarlampung
Taufik Rohman
Sabtu | 05/01/2019 15.24 WIB
Lima Bulan, Lima Kasus Pemilu Muncul di Bandarlampung
Anggota Bawaslu Kota Bandarlampung Kordiv Penindakan Pelanggaran, Yahnu Wiguno Sanyoto. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Bawaslu Kota Bandarlampung pada periode Agustus– Desember 2018 meregistrasi lima kasus penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu.

Dari jumlah itu, tiga merupakan temuan panwaslu dan dua laporan masyarakat. Satu kasus memiliki dua dugaan pelanggaran sehingga total perkara yang ditangani ada enam.

Rincian keseluruhan empat dugaan pelanggaran pidana pemilu dan dua dugaan pelanggaran lainnya.

Anggota Bawaslu Kota Bandarlampung Kordiv Penindakan Pelanggaran, Yahnu Wiguno Sanyoto, menjelaskan pihaknya juga menemukan dua dugaan pelanggaran administratif pemilu di daerah pemilihan 1 Kota Bandarlampung.

”Selanjutnya diteruskan ke Bawaslu Provinsi Lampung untuk dilakukan proses sidang administratif," katanya, Sabtu (5/1/2019).

Bawaslu juga memproses sidang untuk dua temuan pelanggaran administratif pemilu di daerah pemilihan 4 (Tanjungsenang, Sukabumi, dan Sukarame). Juga daerah pemilihan 5 (Panjang, Bumiwaras, Kedamaian) yang ditemukan panwaslu kecamatan.

"Sedangkan untuk di tingkat kecamatan, pada periode Agustus – Desember 2018 meregistrasi 10 kasus penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu temuan panwaslu kecamatan. Seluruhnya dugaan pelanggaran administrasi," jelasnya.

Anggota Bawaslu Kota Yusni Ilham menambahkan, untuk yang perkara di dapil 4 dan 5 sudah masuk pada kesimpulan.

"Kami akan memutuskan kasus tersebut berdasarkan fakta persidangan," tegasnya. (*)

 

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID