Lima Parpol di Lampung Dibatalkan Sebagai Peserta Pemilu - RILIS.ID
Lima Parpol di Lampung Dibatalkan Sebagai Peserta Pemilu
Taufik Rohman
Jumat | 22/03/2019 19.33 WIB
Lima Parpol di Lampung Dibatalkan Sebagai Peserta Pemilu
ILUSTRASI: RILIS.ID

RILIS.ID, Bandarlampung – Sebanyak 5 partai politik dibatalkan kepesertaannya dalam Pemilu 2019 di tingkat kabupaten, karena tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye (LADK) hingga 10 Maret 2019. Untuk partai yang ada di Lampung, yakni Partai Berkarya, PSI, Hanura, PBB dan PKPI.

Hal itu berdasarkan surat keputusan KPU RI dengan nomor 744/PL.01.6-Kpt/03/KPU/III/2019 tentang Pembatalan Partai Politik sebagai peserta pemilu anggota dewan perwakilan rakyat daerah provinsi dan anggota DPRD kabupaten/kota tahun 2019, yang ditetapkan di Jakarta, 21 Maret 2019 ditandatangani ketua KPU RI Arief Budiman.

Dimana di salam SK tersebut, untuk provinsi Lampung,  parpol yang dibatalkan adalah Partai Berkarya Kabupaten Mesuji dan Tulangbawang Barat yang memiliki kepengurusan, tidak memiliki caleg namun juga tak mengirimkan LADK, sementara Partai Berkarya di Lampung Tengah memiliki kepengurusan, memiliki caleg namun tak menyerahkan LADK. Kemudian PSI memiliki kepengurusan di Mesuji namun tak memiliki calon anggota legislatif dan tak mengirimkan LADK. 

Kemudian Partai Hanura Kabupaten Lampung Barat memiliki kepengurusan, tak memiliki caleg juga tak menyerahkan LADK. Selanjutnya Partai Bulan Bintang (PBB) di Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Tanggamus, dan Lampung Timur memiliki kepengurusan, tak memiliki caleg juga tak menyerahkan LADK. Sementara PKPI di Lampung Timur memiliki kepengurusan namun, tak memiliki caleg juga tak menyerahkan LADK.

Selanjutnya Partai Bulan Bintang (PBB) di Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Tanggamus, dan Lampung Timur memiliki kepengurusan, tak memiliki caleg juga tak menyerahkan LADK. Sementara PKPI di Lampung Timur memiliki kepengurusan namun, tak memiliki caleg juga tak menyerahkan LADK.

Menanggapi itu, Komisioner KPU Lampung divisi hukum, M Tio Aliansyah menjelaskan, ada tiga alasan pembatalan kepesertaan parpol ini dalam pemilu, Berdasarkan SK KPU RI nomor 744/PL.01.6-kpt/03/KPU/II/2019 tentang pembatalan partai politik sebagai peserta pemilu, Pileg 2019. Tiga kategori pembatalan parpol peserta pemilu di daerah tertentu ini. Pertama, partai politik memiliki pengurus di kabupaten, dan mengajukan caleg, tetapi tidak menyampaikan LADK. 

Kedua partai politik memiliki kepengurusan, tetapi tidak mengajukan calon legislatif dan tidak menyampaikan LADK. Ketiga, partai politik tidak memiliki kepengurusan, tidak mengajukan caleg, dan tidak menyampaikan LADK.

“Dalam Undang-undang 7 Tahun 2017, penyerahan LADK selambat-lambatnya 14 hari sebelum rapat umum dimulai. Ada catatan kita beberapa kabupaten beberapa politik yang tidak menyerahkan LADK, itu akan dibatalkan oleh KPU RI melalui surat keputusan,  dibatalkan pada wilayah sesuai dengan kabupaten dimana tidak menyerahkan LADK,” ungkapnya, Jumat (22/3/2019).

(Sementara itu, dari lima parpol yang dibatalkan itu, sejauh ini belum ada responnya terkait SK KPU pusat itu. Saat dihubungi via ponselnya, belum ada yang komentar).(*)

 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID