Loekman Canangkan Lamteng 2023 Terbebas Stunting - RILIS.ID
Loekman Canangkan Lamteng 2023 Terbebas Stunting
Subrata
Minggu | 08/09/2019 10.21 WIB
Loekman Canangkan Lamteng 2023 Terbebas Stunting
Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyampaikan sambutan. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Subrata

RILIS.ID, Lampung Tengah – Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto, mencanangkan pada 2023 kabupaten ini terbebas dari stunting  atau kurangnya tinggi badan dibandingkan pada usia yang sama. Stunting umumnya terjadi pada balita. 

Hal tersebut disampaikan Loekman, di depan seluruh Kepala Kampung dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) se-Lamteng, saat Rapat Koordinasi Kader KPM Kabupaten Lamteng di Sesat Agung Nuwo Balak, Lamteng, Sabtu (7/9/2019).

Loekman mengatakan, setelah resmi menjabat bupati, dirinya memerintahkan pihak terkait untuk kembali mendata jumlah stunting di Lamteng.

Setelah didata, dari laporan sebelumnya 30% menjadi hanya 8% jumlah stunting di Lamteng.

"Saya mendapat  8% setelah kembali didata ulang. Saya canangkan 2023 Lamteng bebas stunting, saya tidak mau malu, masak iya bupatinya gede tinggi besar gagah masak rakyatnya stunting," bebernya. 

Lanjut Loekman, pemkab mendukung penuh gerakan penanganan stunting. Penanganan stunting akan dilakukan sampai level kampung karena sasaran utama adalah Ibu hamil dan balita usia dibawah 2 tahun serta balita. 

"Kampung  memiliki peran besar dalam konvergensi layanan pencegahan stunting,maka dari  KPM itu semua unsur yang terkait harus saling bekerjasama dalam pencegahan stunting," ujar Bupati. 

Sementara itu dalam laporannya, panitia penyelenggara, Nunuh Wahyudi mengatakan bahwa KPM sudah dibentuk pada April 2019 di 301 kampung yang mayoritas  berasal dari unsur kader posyandu dan guru PAUD.

Tujuan KPM adalah membantu desa dalam pengelolahan layanan setempat, meyediakan layanan Stunting, layanan ini mencakup sektor kesehatan, air bersih, sanatasi, jaminan sosial, pendidikan sekolah dini, untuk ibu hamil, anak anak di bawah umur 2 tahun

"Tujuan rapat koordinasi kali ini adalah agar menyepakati anggaran usulan pencegahan dan penanganan stunting di Lampung Tengah," ujar Nunuh.(*) 

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID