Maksimalkan Potensi Krakatau, Pemprov Gagas TWA - RILIS.ID
Maksimalkan Potensi Krakatau, Pemprov Gagas TWA
[email protected]
Jumat | 24/08/2018 15.24 WIB
Maksimalkan Potensi Krakatau, Pemprov Gagas TWA
FOTO: HUMAS PEMPROV LAMPUNG

RILIS.ID, Bandarlampung – Pemerintah Provinsi Lampung terus memaksimalkan potensi cagar alam Krakatau sebagai Taman Wisata Alam (TWA).

Wacana dibahas dalam seminar internasional bertemakan “Vulkanologi Krakatau dan Pemanfaatannya di Masa Depan” yang digelar di Ballroom Hotel Bukit Randu, Bandarlampung, Jumat (24/8/2018).

“Seminar internasional ini sebagai forum ilmiah untuk menggali dan menyerap gagasan guna memanfaatkan Krakatau di masa mendatang,” kata Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Hery Suliyanto pada saat membuka seminar.

Hery berharap seminar internasional bisa berjalan dengan sebaik-baiknya serta menghasilkan kajian yang bermanfaat bagi pemerintah daerah, khususnya mendayagunakan potensi Krakatau.

Wakil Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Mitra Djanal menjelaskan Krakatau telah menunjukkan pesonanya hingga saat ini.

“Kita dapat memperhatikan Krakatau muda senantiasa hadir membuka wawasan dan pengetahuan terkait potensi alam. Diharapkan Krakatau mampu menjadi wahana berdiskusi, mengkaji dan meninjau potensi pesona gemilau Krakatau untuk dapat dimanfaatkan di masa depan,” jelasnya.

Djanal memastikan Itera siap mendukung dan membantu riset dan kerjasama untuk memaksimalkan potensi pesona gemilau Krakatau.

Sementara Tukirin Partomihardjo dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dalam paparannya berjudul Vulkanologi dan Kondisi Aspek Hidup Kawasan Kepulauan Gunung Krakatau, menjelaskan bahwa sejarah tragis masa lampau dan letak geografis Krakatau dibatasi oleh bentangan massa air laut yang luas.

Juga menjadikan Lampung dikenal sebagai laboratorium alam tropik. Selain itu, panorama alam yang mempesona merupakan daya tarik pengunjung untuk selalu kembali menikmati keindahan alam Krakatau.

“Oleh karena itu, tidak hanya para penelitj yang senantiasa ingin tahu misteri keajaiban alam, tetapi para pelancong yang hobinya menikmati keindahan alampun tidak pernah henti mengunjungi Krakatau," ujarnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID