Masih Nekat Berkerumun? Ancaman Penjara Setahun Menanti! - RILIS.ID
Masih Nekat Berkerumun? Ancaman Penjara Setahun Menanti!
Darmansyah Kiki
Selasa | 24/03/2020 21.54 WIB
Masih Nekat Berkerumun? Ancaman Penjara Setahun Menanti!
Patroli aparat Polres Pesawaran, Koramil Gedongtataan, serta Kompi Senapan A Yonif 143/TWEJ Gedongtataan, Selasa (24/3/2020). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Kiki

RILIS.ID, Pesawaran – Upaya pencegahan Covid-19 di Kabupaten Pesawaran terus digalakan. Salah satunya patroli bersama jajaran Polres Pesawaran, Koramil Gedongtataan, serta Kompi Senapan A Yonif 143/TWEJ Gedongtataan.

"Untuk mengingatkan serta mengimbau kepada masyarakat agar sebaiknya tetap di rumah dan tidak berkumpul. Ini untuk memutus mata rantai covid-19," ujar Kapolres Pesawaran AKBP Popon Ardianto usai patroli, Selasa (24/3/2020).

Dia menjelaskan, ada maklumat yang dikeluarkan Kapolri agar masyarakat tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak. Masyarakat pun diminta menerapkan hidup bersih dan sehat, serta berolahraga untuk memperkuat imunitas (kekebalan tubuh) terhadap virus.

"Masyarakat menolak atau melawan aparat, maka polisi akan menindak sesuai pasal 212, 216, dan 218 KUHP yang bisa diterapkan bagi masyarakat yang berkumpul di suatu tempat,” tegasnya.

Hukuman maksimal ada pada pasal 212 KUHP. Isinya menjelaskan, yang melawan diancam pidana penjara paling lama 1 tahun. 

Dari pemantauan, masih ada pelayanan publik yang belum melakukan hal yang yang dianjurkan pemerintah. Seperti penyemprotan disinfektan maupun pemeriksaan suhu tubuh.

"Dengan patroli bersama, saya berharap masyarakat bisa meningkatkan kesadaran tentang bahaya Covid-19. Sehingga semua masyarakat tetap berada di rumah," terangnya.

Dihubungi via WhatsApp, Komandan Kompi (Danki) Kompi Senapan A Yonif 143/TWEJ Lettu Inf Oyong Liza, mengatakan pihaknya menerjunkan 15 prajurit.

”Dengan berdiam di rumah masyarakat dapat membantu mencegah meluasnya virus Covid-19," terangnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID