Mencegah Kanker dengan Asupan Makanan dan Herbal Sehari-hari - RILIS.ID
Mencegah Kanker dengan Asupan Makanan dan Herbal Sehari-hari
[email protected]
Jumat | 01/02/2019 13.33 WIB
Mencegah Kanker dengan Asupan Makanan dan Herbal Sehari-hari
DR. dr. Khairun Nisa Berawi, M.Kes., AIFO.

ASUPAN bahan makanan dan herbal yang kaya antioksidan  dapat direkomendasikan untuk mencegah kanker. ini merupakan bagian dari managemen terapi kanker yang menyeluruh.

Tanaman herbal juga menjadi salah satu sumber antioksidan alami yang dapat diasup sehari hari untuk meningkatkan status kesehatan termasuk bagi penderita kanker.

Berbagai kandungan yang didapatkan dalam asupan makanan dan herbal berperan penting dalam meningkatkan fungsi imunitas tubuh sehingga menguatkan sel tubuh normal untuk mencegah pertumbuhan sel kanker.

Berikut beberapa kandungan penting dalam asupan makanan dan herbal yang dapat direkomendasikan untuk mencegah kanker:

1. Vitamin C. Almarhum Linus Pauling yang merupakan salah satu ahli biokimia paling berpengaruh dalam sejarah dan pemenang Hadiah Nobel dua kali, adalah diantara ilmuwan pertama yang membuktikan bahwa vitamin C dosis tinggi mematikan kanker.

RDA, rekomendasi harian yang diberikan sebesar 500 mg didapatkan efektif untuk mencegah sariawan, tapi bagi personal aktif maupun yang hidup dengan paparan polusi atau radikal bebsa yang banyak kebutuhan meningkat bisa melebihi 1000 mg perhari. Biji bunga matahari merupakan salah satu sumber vitamin C yang sangat baik penyerapannya dalam tubuh.

Bahan makanan lainnya dapat diperoleh dari buah buahan seperti jeruk, pepaya, paprika merah, brokoli, kubis, kiwi dan kol.

2. Vitamin D3, salah satu tipe Vitamin D. Vitamin D menurut hasil penelitian kanker menunjukkan bahwa itu secara positif mempengaruhi lebih dari 200 gen dalam tubuh, mengurangi peradangan, menghambat pertumbuhan sel kanker dan siklus replikasi, menghambat pertumbuhan pembuluh darah tumor baru, dan menginduksi penghancuran sel sel kanker.

Sumber makanannya seperti minyak ikan cod, salmon, tuna, sarden, makarel, kuning telr, hati sapi dan jamur kancing.

3. Asam lemak esensial omega-6 dan omega-3 dari asam linoleic dan  asam alpha-linoleic, bersumber dari makanan seperti kedelai, kenari, biji chia, hazelnut, biji wijen dan minyak aprikot, ikan salmon berperan oksigenasi sel dan memainkan peran penting dalam penyembuhan membran sel.

4. Enzym pencernaan (proteolitik pankreas) mengandung enzim seperti pancreatin, bromelain, papain, lipase, amilase, trypsin dan alpha chymotrypsin dimana beberapa buah buah buahan menjadi sumber alami bagi enzim pencernaan seperti nanas, pepaya, mangga dan juga madu.

Di modern life style, kebanyakan orang menderita kekurangan pankreas, yang berarti bahwa tubuh mereka tidak dapat menghasilkan jumlah enzim pankreas yang cukup, karena stres, radikal bebas, racun, diet yang buruk, dan faktor-faktor lain.

5. Asam klorida (Betaine HCL), Betaine adalah zat mirip vitamin yang ada dalam biji-bijian dan makanan lainnya, membantu pencernaan memecah makanan, sementara enzim pencernaan di usus kecil lebih lanjut memecahnya, mencerna dan mengasimilasi ke dalam tubuh.

6. Probiotik dan makanan fermentasi bisa didapat dari minuman yogurt, tape dan sejenisnya. Probiotik mengisi usus besar dan kecil dengan bakteri menguntungkan yang dihilangkan karena antibiotik dalam persediaan makanan, infeksi patogen, racun dari lingkungan, dan faktor lainnya. Sebagian besar sistem kekebalan ditemukan di usus, jadi penting untuk menjaga kesehatan usus dengan nutrisi sehat  dengan herbal dan suplemen penangkal kanker.

Faktanya, usus mengandung lebih banyak sel kekebalan daripada bagian tubuh yang lain Usus dan organisme bermanfaat yang hidup membantu kita mencerna makanan dan banyak fungsi lainnya, misalnya, mencegah mikroba dan bakteri patogen menyerang tubuh kita, dan membantu mereka menghasilkan nutrisi dan vitamin esensial.

Demikian berbagai kandungan suplemen yang dapat kita temukan dalam berbagai sumber makanan dan herbal yang dapat dikonsumsi harian untuk membantu kita mencegah kanker dan meningkatkan berbagai fungsi metabolisme dan imun semua penderita penyakit termasuk kanker.

Demikian semoga bermanfaat.

(Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasi ke DR. dr. Khairun Nisa Berawi, M.Kes., AIFO)

Praktek:

Klinik BRI Medika

Jl. Raden Saleh No. 15 Telukbetung Utara, Bandarlampung

Tlp: 0721-5602835

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID