Nanang Datang, Banjir Hilang - RILIS.ID
Nanang Datang, Banjir Hilang
[email protected]
Rabu | 08/01/2020 11.10 WIB
Nanang Datang, Banjir Hilang
Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat meninjau lokasi terdampak banjir, Selasa (7/1/2020). FOTO: DISKOMINFO LAMPUNG SELATAN

RILIS.ID, Lampung Selatan – Banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Lampung Selatan (Lamsel) langsung membuat Pelaksana tugas (Plt.) Bupati setempat H. Nanang Ermanto bergerak.

Didampingi sejumlah kepala OPD, Nanang meninjau lokasi terdampak banjir di Dusun Citerek, Desa Merak Batin, Kecamatan Natar, Selasa (7/1/2020).

Pada kesempatan tersebut, Nanang juga memberikan bantuan kepada korban banjir berupa sembako, beras, peralatan sekolah, makanan, susu balita dan obat-obatan dari posko kesehatan di lokasi setempat.

Curah hujan tinggi dan tidak adanya saluran drainase mengakibatkan 20 rumah dan lahan perkebunan seluas 2 hektar terendam.

Nanang melakukan peninjauan lokasi banjir dengan berjalan kaki sejauh 2 km. Ia melihat langsung kondisi saluran drainanse dan gorong-gorong rumah warga yang  sudah banyak tersumbat dan beralih fungsi menjadi tempat bakar sampah.

Kedatangan Nanang ke lokasi terdampak banjir disambut warga dan pelajar SMK Wiyata Karya Natar. Mereka berharap sang bupati dapat membantu dan membenahi tata ruang dan lingkungan di Desa Merak Batin.

Asa warga ini langsung direspon cepat. Nanang pun mengerahkan sejumlah alat berat untuk melakukan pengerukan saluran drainase, sehingga air dapat mengalir ke sungai.

“Tiap musim hujan memang terjadi genangan di sini, tetapi ini yang terparah sampai beberapa rumah warga terkena banjir,” kata Kepala Desa Merak Batin Aldin.

“Saya harap di pinggiran cekungan lahan itu bisa dibuatkan aliran air, agar tidak menggenang di situ,” sambung Aldin.

Sementara Plt. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan akan segera membenahi lokasi penyebab banjir tersebut.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk membersihkan gorong-gorong dan parit di rumahnya masing-masing, sehingga aliran air menjadi lancar.

“Pemerintah daerah akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi banjir ini. Untuk itu, saya turun di sini bersama jajaran untuk melihat langsung ke lokasi, sehingga kami dapat menentukan langkah yang paling tepat,” jelasnya.

“Kami akan berupaya membenahi cekungan ini, sehingga ke depan tidak terjadi genangan,” lanjut Nanang.

Politisi PDI Perjuangan ini juga mengimbau masyarakat agar menjaga lingkungan dengan bergotongroyong membersihkan saluran drainase di depan rumahnya masing-masing.

“Sehingga air tidak naik dan merusak jalan yang sudah dibangun,” pungkasnya. (Advertorial)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID