Nanang Minta KUPT dan Penyuluh Lakukan Revolusi Mental - RILIS.ID
Nanang Minta KUPT dan Penyuluh Lakukan Revolusi Mental
M. Amir Syaripudin
Rabu | 24/04/2019 19.07 WIB
Nanang Minta KUPT dan Penyuluh Lakukan Revolusi Mental
Plt. Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat memberikan pengarahan. FOTO: RILISLAMPUNG.ID /M. Amir Syaripudin

RILIS.ID, Lampung Selatan – Plt. Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto meminta seluruh kepala unit pelaksana teknis (KUPT) maupun penyuluh, memiliki perubahan pola pikir, sikap, dan mental sebagai bagian dari reformasi birokrasi.

“Mari kita refleksikan diri, revolusi mental, bagaimana di sini kita sama-sama berdiskusi membangun dan memajukan daerah yang kita cintai ini,” kata Nanang dalam arahannya, di Aula Krakatau Pemkab Lamsel, Rabu (24/4/2019).

Menurut Nanang, sebagai daerah yang memiliki lokasi yang strategis, Lamsel memiliki berbagai potensi dan peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik. 

"Sebagai ujung tombak pemerintah di sektor pertanian, peternakan, dan perikanan, KUPT harus mempunyai suatu terobosan dan ivonasi memanfaatkan setiap peluang yang ada," tegasnya.

Nanang juga mencontohkan, seperti memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki pemerintah daerah setempat untuk dijadikan sebagai destinasi wisata berbasis pertanian atau agrowisata yang dapat berkontribusi mendukung pendapatan asli daerah (PAD).

 “Sebagai pintu gerbang Jawa-Sumatera, kita harus bisa mengambil peluang itu. Misalnya, kita tanam duren, begitu panen nanti mereka (wisatawan, red) silahan masuk sekian, dan boleh makan sepuasnya. Nah ini kan bisa mendapatkan pemasukan untuk daerah,” kata Nanang.

Untuk itu, Nanang juga berharap keberadaan KUPT dan penyuluh dapat menjadi motor penggerak agrowisata dengan memanfaatkan lahan kosong menjadi sumber pendapatan masyarakat melalui agrowisata dalam pemberdayaan masyarakat petani di desanya masing-masing.

“Lokasi kita (Lampung Selatan, red) ini bagus, jangan sampai sebagai daerah perlintasan, daerah kita cuma jadi tempat lewat-lewat saja. Tetapi dengan adanya kreasi dan inovasi ini, insya Allah, nanti manfaatnya bisa sama-sama kita rasakan,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Zailani Bura, mengaku siap untuk memberikan dukungan baik bibit atau pupuk kepada UPT, yang akan memanfaatkan lahan kosong untuk bercocok tanam.

"Kalau di sekitar kantor UPT ada lahan kosong milik Pemkab Lamsel bisa kita manfaatkan, tanam hasil bumi yang bisa dijual dimasyarakat, seperti cabai, terong, padi dan lain sebagainya," singkatnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID