Operasi Usus Buntu akibatkan Kemandulan? - RILIS.ID

Operasi Usus Buntu akibatkan Kemandulan?
[email protected]
Kamis | 25/10/2018 12.33 WIB
Operasi Usus Buntu akibatkan Kemandulan?
DR. dr. Khairun Nisa Berawi, M.Kes., AIFO

Mulai Kamis (25/10/2018), rilislampung.id membuka rubrikasi "Konsultasi Kesehatan" yang akan dipandu oleh dokter berkompeten di bidangnya. Silakan kirim pertanyaan kepada redaksi rilislampung.id di nomor WhatsApp 0813-6952-5525. Salam sehat!
====

 

Pertanyaan

Assalaamu’alaikum dokter.

Mohon info karena saya pernah dengar kalau anak perempuan kita pernah dioperasi usus buntu, kelak bila dia bersuami tidak bisa mempunyai keturunan. Apa benar dokter? (Nung di Bandarlampung)

 

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Bunda Nung, pertama saya mencoba meluruskan persepsi.

Operasi usus buntu adalah tindakan bedah pengangkatan jaringan usus buntu (appendix) yang mengalami peradangan akibat infeksi untuk mencegah komplikasi lanjut terhadap saluran cerna maupun tubuh secara umum akibat proses infeksi.

Proses reproduksi yang berperan untuk menghasilkan keturunan tidak berhubungan dengan struktur usus buntu ini.

Fungsi reproduksi berhubungan dengan optimasi status kesehatan sistem reproduksi yang membutuhkan fungsi optimal dari masing-masing organnya. Yaitu indung telur, rahim, saluran tuba, dan lainnya.

Selain itu, membutuhkan optimal kerja kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon penting bagi sistem reproduksi wanita. Seperti estrogen dan progesteron, yang berperan juga dalam menyempurnakan struktur dan fungsi organ-organ dalam sistem reproduksi, baik bagi meneruskan keturunan maupun untuk menjaga status kesehatan kita sendiri.

Jadi fungsi reproduksi untuk meneruskan keturunan dapat diharapkan tetap optimal selama seorang wanita mampu menjaga kesehatan diri dan organ reproduksinya dengan menjalankan pola hidup sehat (asupan diet seimbang, aktivitas fisik, dan amangemen stress), dan menjaga kebersihan dirinya.

Demikian semoga bermanfaat.

(Untuk lebih jelasnya, silakan konsultasi ke DR. dr. Khairun Nisa Berawi, M.Kes., AIFO)

Praktek:

Klinik BRI Medika

Jl. Raden Saleh No. 15 Telukbetung Utara, Bandarlampung

Tlp: 0721-5602835

Editor Gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID