Panglima TNI: Paham Radikal Cederai Silaturahmi dan Semangat Persatuan - RILIS.ID
Panglima TNI: Paham Radikal Cederai Silaturahmi dan Semangat Persatuan

Senin | 04/06/2018 17.37 WIB
Panglima TNI: Paham Radikal Cederai Silaturahmi dan Semangat Persatuan
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tiba di Makorem 043/Garuda Hitam, Senin (4/6/2018). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyebut paham radikalisme sudah masuk ke ranah perguruan tinggi. Serangan teror yang dilancarkan terorisme telah mencederai silaturahmi dan semangat persatuan di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita dicederai serangan teroris yang mengakibatkan korban jiwa mulai dari serangan Makobrimob, Surabaya, dan Polda Riau. Terorisme itu adalah  jalan perjuangan yang salah, itu menyakiti orang lain. Kita tidak boleh takut dan lemah, karena radikalisme tumbuh di sekitar kita. Masyarakat kita harus bahu membahu memberantas radikalisme," kata Hadi saat memberi sambutan safari Ramadan di Makorem 043/Garuda Hitam, Senin (4/6/2018). 

Panglima mengungkapkan, pergerakan terorisme dan paham radikalisme berubah. Kini kelompok tersebut 'menyerang' dari sektor lain. Karenanya, ia meminta masyarakat Lampung untuk mengawasi putra-putrinya dari paham radikalisme melalui media sosial dan pertemuan tertutup.

"Beberapa minggu lalu ditangkap di sebuah universitas pengaruh radikalisme sudah masuk ke lingkungan pemuda-pemudi yang sedang belajar. Babinsa dan babinkamtibnas harus terus mengawasi dan bekerjasama melawan radikalisme," tegasnya.

Hadi mengajak masyarakat untuk membantu aparat memberantas radikalisme.

"Saya mengajak keluarga besar TNI-Polri, alim ulama, tokoh masyarakat bersatu. Saya tidak ingin kita pecah karena konflik seperti negara lain. Radikalisme bisa dicegah dengan cara peduli dengan lingkungan. Kita tidak boleh terjebak oleh pemahaman," tuturnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID