Pansus DPRD Buka Posko Pengaduan Money Politics Pilgub Lampung - RILIS.ID

Pansus DPRD Buka Posko Pengaduan Money Politics Pilgub Lampung
Taufik Rohman
Selasa, 2018/07/10 21.57
Pansus DPRD Buka Posko Pengaduan Money Politics Pilgub Lampung
Ketua Pansus Money Politics, Mingrum Gumay. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/Taufik Rohman

RILIS.ID, Bandarlampung – Pansus DPRD Provinsi Lampung, segera membuka posko pengaduan dugaan money politics. Posko ini diharapkan mampu menampung laporan masyarakat terkait dugaan pelanggaran Terstruktur, Sistematis dan Masif (TSM) pada Pilgub Lampung.

Ketua Pansus, Mingrum Gumay menjelaskan, langkah pansus itu menyusul permintaan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) kabupaten/kota yang diikuti 200-an kepala desa (Kades) se-Lampung saat hearing dengan Pansus,  Selasa (10/7/2018). 

Menurut Mingrum, pansus siap memberikan perlindungan hukum untuk masyarakat yang melaporkan. Oleh karena itu dia juga meminta kepada masyarakat agar tidak takut untuk melaporkan dan menyerahkan bukti bukti dugaan tindak pidana pemilu kepala daerah 27 Juni 2018 atau money politics. 

Bahkan, anggota Komisi II DPRD Lampung itu menjelaskan bahwa hukum itu bukan bicara hitam dan putih saja,  tetapi juga berbicara wilayah yang lain.

"Kami serius akan menelusuri dugaan tindak pidana Pilkada Gubernur ini, tentu dengan bukti-bukti baik secara lisan, tertulis mencakup kronologis kejadian, dan bukti pendukung dari masyarakat," kata dia. 

Sementara Ketua Apdesi Provinsi Lampung,  Suhardi Buyung menjelaskan bahwa yang hadir dalam hearing dengan pansus tidak semua kades di Lampung, tetapi perwakilan saja. 

"Jadi tadi itu sekitar 234 kepala desa yang hadir,  mereka siap memberikan laporan dan bukti bukti,  asal ada perlindungan dari aparat penegak hukum,  jadi mereka meminta perlindungan," kata dia. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)