Patut Ditiru, Tulangbawang Kini Punya Desa Bebas Rokok - RILIS.ID
Patut Ditiru, Tulangbawang Kini Punya Desa Bebas Rokok
[email protected]
Senin | 14/10/2019 21.04 WIB
Patut Ditiru, Tulangbawang Kini Punya Desa Bebas Rokok
Pemkab Tulangbawang mensosialisasikan Perda Kawasan Tanpa Rokok di dua kecamatan, Senin (14/10/2019). FOTO: DISKOMINFO TUBA

RILIS.ID, Tulangbawang – Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tulangbawang Nomor 06 Tahun 2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok mulai disosialisasikan kepada masyarakat setempat.

Sosialisasi Perda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) ini digelar Dinas Kesehatan setempat di Kecamatan Gedung Aji dan Meraksa Aji, Senin (14/10/2019).

Dalam paparannya, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Fatoni menjelaskan bahwa sosialisasi dilakukan agar masyarakat memahami lokasi mana saja yang dilarang merokok.

“Intinya, kita pengenalan KTR dan di setiap kecamatan nantinya juga akan dibentuk Tim Pelaksanaan KTR untuk dapat mensosialisasikan ke semua kampung dan dapat menerapkan perda ini," katanya.

Sementara Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Tulangbawang Feriany Said membeberkan kawasan yang tidak boleh ada asap rokok, di antaranya tempat pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat ibadah, sarana olahraga dan tempat bermain anak.

“Sedangkan untuk tempat umum seperti kantor-kantor harus menyediakan Anjungan Tempat Merokok atau ATM," terangnya.

Untuk Kecamatan Meraksa Aji, lanjut Feriany, sudah mempunyai duta KTR, yaitu anak sekolah. Selain itu, Kabupaten Tulangbawang juga telah memiliki Desa Bebas Rokok di Desa Sukarame.

"Ke depan, kita berharap semua desa di Tulangbawang mempunyai inovasi desa KTR, sehingga masyarakat sehat Tulangbawang kuat," tandasnya. (*)

Editor Segan Simanjuntak


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID