PCNU-TNI Sinergi Bangun Rumah dan Musala Terdampak Tsunami - RILIS.ID

PCNU-TNI Sinergi Bangun Rumah dan Musala Terdampak Tsunami
M. Amir Syaripudin
Selasa, 2019/01/08 15.15
PCNU-TNI Sinergi Bangun Rumah dan Musala Terdampak Tsunami
Para pekerja dibantu Kodim 0421/Lamsel membangun rumah hunian sementara di Desa Banding, Kecamatan Rajabasa, Selasa (8/1/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/M. Amir Syaripudin

RILIS.ID, Lampung Selatan – Kepedulian Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), Lampung Selatan (Lamsel) dibantu Kodim 0421/Lamsel mulai membangun rumah hunian sementara di Desa Banding Kecamatan Rajabasa, Selasa (8/1/2019).

Sedikitnya 20 rumah dan 1 musala bakal dikerjakan oleh Kodim 0421/Lamsel, melalui bantuan material yang diberikan PCNU Lampung Selatan, yang dibangun dengan radius sekitar 2 kilometer dari bibir pantai.

"Kalau di sini kami hanya bantu tenaga saja, karena personil yang masih ada di lokasi terdampak tsunami, hanya TNI saja. Artinya kami disini siap membantu pihak mana saja yang akan mendirikan rumah, baik hunian sementara ataupun hunian tetap," ujar Dandim 0421/Lamsel Letkol kav Robinson Oktavianus.

Sedangkan untuk lokasi lahan yang dibangun, menurut Robin sapaan akrabnya merupakan milik warga yang kebetulan diperbolehkan untuk dibangun hunian sementara. 

"Tanahnya ini milik warga dan memang diperbolehkan untuk dibangun rumah hunian sementara. Jadi bantuan dari NU ini kami usahakan selesai secepatnya, agar bisa digunakan korban tsunami," tambahnya.

Sementara, Fauzi (45) pengawas pekerja pembangunan Hunian Sementara (Huntara), membenarkan bahwa pekerjaan pembangunan rumah ini, merupakan bantuan PCNU Lamsel. 

"Ini hasil bantuan dari NU, jadi kami sengaja gerak cepat, agar para pengungsi tidak kebingunan dan terus menerus tidur ditenda pengungsian," tambahnya.

Menurut Fauzi, pihak Nu juga akan terus menggalang dana, agar bisa kembali membangun rumah hunian sementara agar meringankan beban para pengungsi.

"Kami akan galang dana terus, karena untuk 20 unit yang kami bangun ini masih terasa kurang. Kami juga berterima kasih sudah dibantu TNI dalam membangun rumah hunian sementara yang merupakan gagasan NU," pungkasnya.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)