Pembangunan Jembatan Way Sekampung Telan Dana Rp13,5 M - RILIS.ID
Pembangunan Jembatan Way Sekampung Telan Dana Rp13,5 M
Yuda Haryono
Rabu | 05/02/2020 11.28 WIB
Pembangunan Jembatan Way Sekampung Telan Dana Rp13,5 M
Kabid Bina Marga Dinas PUPR Pringsewu, Fahmi. FOTO: RILISLAMPUNG.ID/ Yuda

RILIS.ID, Pringsewu – Sebentar lagi Pekon (desa) Mataram Kecamatan Gadingrejo dengan Panggungrejo, Sukoharjo, Pringsewu terhubung jembatan permanen megah.  

Jembatan yang menelan dana Rp11 miliar dari APBD Pringsewu itu, membentang di atas sungai Way Sekampung.

Jika ditambah dana Rp2,5 miliar untuk pembuatan fondasi dan penimbunan lahan di sekitar lokasi, total dana untuk jembatan Rp13,5 miliar.

Ini hanya salah satu proyek besar yang tengah dikerjakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pringsewu melalui Bidang Bina Marga.

Pekerjaan yang menyedot banyak dana APBD lainnya adalah peningkatan dan pelebaran jalan dari Pekon Sukoharjo III, Sukoharjo ke Pekon Way Krui, Banyumas senilai Rp9 miliar.

Kabid Bina Marga, Fahmi, mewakili Kadis PUPR, Andi Purwanto, mengatakan jembatan permanen dimaksud akan terwujud pada tahun ini juga.

Pekerjaan itu dikebut lantaran pentingnya akses transportasi masyarakat dari Sukoharjo juga dari wilayah Lampung Tengah menuju Gadingrejo dan  Bandarlampung. Juga, akses menuju perkantoran Pemkab Pringsewu.

”Jembatan dengan panjang 60 meter lebar 7 meter dikerjakan April 2020 ini," jelas Fahmi, Selasa (4/2/2020).

Jika jembatan selesai setidaknya dapat memperpendek rentang jarak dan waktu. Sebab, selama ini masyarakat yang menggunakan mobil harus  memutar ke ibukota Pringsewu.

Sedangkan, akses yang ada selama ini berupa jembatan gantung dan hanya bisa dilewati kendaraan sepeda motor dan sepeda. Keadaannya pun sering rusak. .

"Bahkan berdasarkan informasi sudah beberapa kali sepeda motor terperosok di jembatan yang beralaskan kayu dan papan spanel yang sudah rapuh," ungkapnya.

Fahmi berharap, dengan pembangunan jembatan itu selain akses transportasi lancar, perekonomian  masyarakat sekitar di Kecamatan Sukoharjo dan Adiluwih juga meningkat.

Sementara, untuk proyek peningkatan dan pelebaran jalan, sambung dia, intinya agar jalan bisa dilewati dua mobil secara bersimpangan.

Terpisah, Kepala Pekon Panggungrejo, Supartono, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Pringsewu yang  berencana menyelesaikan pembangunan jembatan di tahun ini.

Itu artinya mimpi masyarakat puluhan tahun memiliki jembatan permanen dapat terwujud. Bahkan, nantinya bila menuju ke Pemkab Pringsewu hanya menelan waktu 10 hingga 15 menit.

”Bandingkan dengan saat ini yang bisa memakan 1 jam, ujarnya. (*)

Editor gueade


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID