Pemenang Lomba Masak, Menunya akan Dicicipi Presiden Jokowi - RILIS.ID
Pemenang Lomba Masak, Menunya akan Dicicipi Presiden Jokowi
El Shinta
Kamis | 09/08/2018 15.15 WIB
Pemenang Lomba Masak, Menunya akan Dicicipi Presiden Jokowi
Wali Kota Herman HN melihat para peserta menunjukkan kebolehannya dalam memasak ikan pada LMIN di Pantai Duta Wisata, Kamis (9/8/2018). FOTO RILISLAMPUNGID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Sebanyak 35 peserta mengikuti Lomba Masak Ikan Nusantara (LMIN) yang digelar di Pantai Duta Wisata, Bandarlampung, Kamis (9/8/2018). Lomba ini diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-73 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lomba yang merupakan bagian dari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) ini merupakan lomba yang dibuat oleh Kantor Staf Presiden, Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Peserta sendiri berasal dari 15 orang profesional atau chef dan 20 orang berasal dari perwakilan tiap kecamatan di Bandarlampung.

Perwakilan Kantor Staf Kepresidenan RI, Eddy Cahyono, mengatakan lomba ini untuk lebih mengenal masakan berbahan utama ikan sesuai dengan instruksi presiden. 

"Kita berharap LMIN ini bisa mendorong keragaman kuliner Indonesia sebagai produk wisata yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Apalagi Kota Bandarlampung memiliki Pulau Pasaran sebagai pengolahan ikan teri," kata Eddy dalam sambutannya. 

Dia menuturkan, pemilihan Lampung sendiri lantaran menu masakan khasnya Gulai Taboh yang memiliki cita rasa sendiri. Selain Lampung, lomba ini dilakukan di 10 kota di Indonesia di antaranya Bitung, Ambon, Mataram, dan Pontianak. 

"Tiga terbaik dari masing-masing kategori langsung terpilih sebagai semi finalis dan diberangkatkan ke Jakarta untuk mengikuti penjurian tingkat nasional. Nantinya pemenang dari kompetensi ini masak mendapatkan kesempatan untuk memasak resep andalannya untuk Presiden RI Joko Widodo pada perayaan 17 Agustus di Istana Negara, Jakarta," tandasnya. 

Sementara Wali Kota Bandarlampung Herman HN, berharap gerakan makan ikan ini bisa lebih meluas lagi. 

"Agenda ini masak nusantara HUT ke-73 RI, mudah-mudahan rakyat se-Bandarlampung gemar memakan ikan agar rakyat kita sehat dan kuat. Yang makan ikan ini rata-rata yang tinggal di perkotaan yang dekat dengan sungai dan laut, ini menyebar luaskan bahwa makan ikan harus lebih banyak lagi," ungkapnya. 

Nantinya, sambung Herman, pemenang lomba ini akan dibawa ke istana negara. "Pemenangnya nanti katanya mau dibawa ke istana negara, kalau nggak menang ya ke istana bogor," selorohnya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID