Pemkab Lampura Gelar Upacara Hardiknas 2019 - RILIS.ID
Pemkab Lampura Gelar Upacara Hardiknas 2019
Furkon Ari
Kamis | 02/05/2019 20.15 WIB
Pemkab Lampura Gelar Upacara Hardiknas 2019
Wabup Lampura Budi Utomo, memberikan penghargaan kepada pemenang OSN di halaman pemkab setempat, Kamis (2/5/2019). FOTO: ISTIMEWA

RILIS.ID, Lampung Utara – Upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019 digelar di halaman kantor Pemerintah kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura), (2/5/2019).

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Budi Utomo, Sekkab,  Asisten, SKPD, Forkopimda, serta para tamu undangan lainnya. Dengan tajuk ''Menguatkan pendidikan,  memajukan kebudayaan''.

Wabup Budi Utomo membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI), Muhadjir Effendy.

Dalam sambutan itu, Mendikbud menyampaikan perkembangan teknologi yang semakin pesat mempengaruhi cara berpikir dan belajar para peserta didik.

''Hadirnya revolusi industri 4.0 telah mempengaruhi cara kita hidup, bekerja, dan belajar. Perkembangan teknologi yang semakin canggih dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik. Peserta didik harus memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat,'' ujarnya.

Mendikbud menekankan pentingnya pendidikan. Pemerintah pusat maupun daerah harus senantiasa berupaya memajukan pendidikan.

Salah satu caranya, yakni dengan memastikan keberadaan APBN dan APBD dialokasikan secara khusus minimal 20 persen untuk sektor pendidikan.

''Pembangunan pendidikan dan kebudayaan dalam rangka penguatan sumberdaya manusia yang berkualitas akan berjalan secara optimal, manakala pemerintah daerah dan segenap pemangku kepentingan yang ada proaktif dan lebih aktif dalam mendorong kemajuan dunia pendidikan dan kebudayaan,'' terangnya.

Selain upacara peringatan Hardiknas, juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada pemenang kegiatan pembinaan minat, bakat dan kreativitas Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Dasar (SD) bagi para siswa se-Lampura.(*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID