Pemkot Bandarlampung Beri Pinjaman Modal ke Pengelola IKM - RILIS.ID
Pemkot Bandarlampung Beri Pinjaman Modal ke Pengelola IKM

Kamis | 14/11/2019 18.13 WIB
Pemkot Bandarlampung Beri Pinjaman Modal ke Pengelola IKM
Herman HN saat pengukuhan kepengurusan sentra IKM Kota Bandarlampung, di Gedung PKK, Kamis (14/11/2019). Foto: rilislampung.id/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Pemkot Bandarlampung terus mendorong upaya pengembangan industri kecil menengah (IKM), salah satunya melalui pemberian pinjaman modal kepada para pengelola IKM.

Wali Kota Herman HN mengatakan, selain memberikan lokasi sebagai sentra IKM. Pemkot akan mempermudah akses permodalan bagi pengusaha kecil dan menengah tanpa dikenakan bunga.

"Bagaimana kita memajukan usaha masyarakat. Kita pinjamkan modal usaha mulai Rp3 juta sampai Rp5 juta per IKM, dan enggak ada bunganya," ujar Herman selepas mengukuhkan kepengurusan sentra IKM Kota Bandar Lampung, di Gedung PKK, Kamis (14/11/2019).
Ia mengatakan, sentra IKM harus didukung untuk memajukan ekonomi kerakyatan di Kota Bandar Lampung. Selain mempromosikan wisata, hal ini juga dapat  menciptakan banyak lapangan pekerjaan di tengah masyarakat.

"Saya ingin kepengurusan IKM yang baru ini lebih kuat lagi, agar produk-produk dari UMKM di Kota Bandar Lampung dapat bersaing dengan yang lainnya. Lain daripada itu, ini bisa menciptakan lapangan kerja baru," jelasnya.

Menurutnya, kemajuan IKM dapat meningkatkan pembangunan sektor perekonomian di Bandar Lampung, karena adanya perputaran ekonomi. Jika perputaran ekonomi di kota Bandar Lampung baik, maka kemiskinan akan berkurang.

"Ini juga bagaimana kita mengurangi pengangguran, sehingga kalau penganggurannya berkurang maka kemiskinan juga akan berkurang," tuturnya.

Herman mengintruksikan kepada para OPD untuk membantu mengangkat produk-produk IKM Bandar Lampung. Misalnya dengan mengunakan batik dan turut mempromosikan produk kerajinan lainnya, termasuk kopi.

"Dengan dibentuknya IKM ini nantinya barang-barang mereka akan kita bantu pasarkan ke luar daerah dan juga untuk yang kurang modal kita pun akan bantu melalui percepatan keuangan daerah. Tidak hanya para pengusaha, tapi pejabat juga ikut membantu promosikan," paparnya

Pemkot juga berencana memajang hasil produk IKM di kantor walikota sebagai salah satu bentuk promosi.

"Kita akan siapkan tempat untuk hasil produk-produk itu tadi untuk mereka jual di kantor walikota. Nanti setiap Sabtu dan Minggu boleh buat pameran produk IKM di kantor walikota," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perindustrian Bandar Lampung Herliwaty memaparkan ada delapan sentra industri unggulan dengan 189 orang yang dikukuhkan dalam kepengurusan sentra IKM.

"Sentra tapis ada 42 orang, sulam usus 32 orang, batik Lampung 20 orang, kaos motif Lampung 10 orang, aneka keripik 31 orang, kopi 21 orang, emping melinjo 20 orang, hingga pengolahan ikan teri 13 orang," rinci Herliwaty.

Dengan terbentuknya kepengurusan sentra IKM ini, sambung dia, memudahkan koordinasi apabila terjadi permasalahan yang dihadapi pelaku IKM sehingga bisa segera mendapatkan solusi.

"Saya menghadap Pak Walikota minta tempat wadah hasil produk teman IKM, dan Alhamdulillah mendapat respon. Nantinya pusat IKM akan diitempatkan di lantai 10 kantor pemkot dan hasil IKM itu akan dipajang di lemari arsip," pungkasnya.


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID