Pemkot Salurkan Bantuan Pusat Untuk Nelayan Lempasing - RILIS.ID
Pemkot Salurkan Bantuan Pusat Untuk Nelayan Lempasing
El Shinta
Kamis | 07/11/2019 17.24 WIB
Pemkot Salurkan Bantuan Pusat Untuk Nelayan Lempasing
Wali Kota Herman HN meninjau mesin kapal berbahan bakar gas bantuan dari Kementerian ESDM di TPI Lempasing, Kamis (7/11/2019). FOTO: RILISLAMPUNG.ID/El Shinta

RILIS.ID, Bandarlampung – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung kembali menyalurkan bantuan dari Kementerian ESDM berupa mesin kapal bertenaga Bahan Bakar Gas (BBG) di TPI Lempasing, Kecamatan Telukbetung Timur, Kamis (7/11/2019).

"Terima kasih untuk pemerinta pusat, ini sangat membantu nelayan kami. Apalagi tadi Kota Bandarlampung menjadi satu-satunya di Lampung yang terpilih untuk menerima bantuan ini. Apalagi ini lebih hemat bahan bakarnya," kata Wali Kota Herman HN.

Ia menjelaskan, jika dibandingkan dengan penggunaan BBM berkapasitas tujuh liter dengan harga per liter Rp 6000, maka dengan gas ini dapat dikatakan lebih hemat. Karena cukup memakai satu tabung gas ukuran tiga kilogram saja dan jika kehabisan gas maka bisa menggunakan BBM.

Terkait ketersediaan tabung gas itu sendiri, dapat dipastikan dari Migas bahwa terdapat pangkalan untuk nelayan dapat memperoleh tabung gas. "Jangan sampai rakyat sudah menggunakannya, tapi nyari gas tiga kilonya susah. Tapi alhamdulillah ini ada pangkalannya, enggak bakal kurang dan dijual dengan harga subsidi," tandas Herman.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Erwin, mengungkapkan jumlah nelayan yang mendapatkan bantuan mesin BBG itu sebanyak 345 nelayan. 

"Jadi bantuan itu satu paketnya itu berupa mesin, konvertir dan dua tabung melon dengan nilai sekitar Rp 8 Jt, sehingga total seluruhnya bantuan senilai Rp2,7 miliar dari Kementerian ESDM ke nelayan Bandarlampung," singkatnya. (*)

Editor Adi Pranoto


Bagaimana reaksi anda tentang artikel ini?
500
komentar (0)




2019 | WWW.RILIS.ID